Senin, 29/04/2024 18:16 WIB

Lawan China dan Rusia, Uni Eropa Petakan Risiko Ekonomi

Lawan China dan Rusia, Uni Eropa Petakan Risiko Ekonomi

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

Brussels, Jurnas.com - Uni Eropa akan memetakan lebih lanjut risiko keamanan ekonomi yang mengancam blok tersebut, serta upaya baru yang dapat digunakan untuk melawan Rusia dan China.

Invasi Rusia ke Ukraina, dikatakan menjadi pembelajaran bagi Uni Eropa, yang selama ini bergantung pada gas Rusia. Uni Eropa juga mengandalkan China di sektor perdagangan.

"Badan eksekutif Uni Eropa akan mempresentasikan strategi keamanan ekonomi," demikian bunyi laporan AFP, terkait topik yang bakal diangkat dalam pertemuan Selasa (20/6) ini.

Sebelumnya, beberapa negara anggota Uni Eropa khawatir tentang permusuhan terhadap China dan memulai perang dagang. Sebagian lainnya berpendapat saat ini waktunya untuk bertindak melindungi keamanan ekonomi blok tersebut.

"Jika kita tidak menilai risiko dari perspektif Eropa maka garis pemisahnya akan ditarik di Beijing atau di Washington," kata wakil presiden komisi Margrethe Vestager bulan lalu.

Komisi telah mengumumkan rencana mendorong Eropa menghasilkan lebih banyak teknologi bersih, termasuk bahan baku penting yang dibutuhkan untuk memproduksi beraneka produk listrik.

KEYWORD :

China Rusia Uni Eropa Ketergantungan Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :