Jum'at, 03/05/2024 04:19 WIB

Swedia Waspadai Jadi Target Serangan Rusia

Meskipun pasukan darat Rusia

Dalam screengrab yang diambil dari rekaman yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 28 Maret 2023, sebuah kapal rudal Armada Pasifik menembakkan rudal jelajah Moskit ke target laut tiruan musuh di Laut Jepang selama latihan militer. (Gambar: AFP/Kementerian Pertahanan Rusia)

JAKARTA, Jurnas.com - Sebuah laporan komite pertahanan parlemen Swedia mengatakan, serangan militer Rusia terhadap Swedia tidak dapat dikesampingkan. Hal itu dilaporkan penyiar layanan publik Swedia, SVT pada Minggu (18/6)

Swedia berjuang keras untuk meningkatkan pertahanannya dan mendaftar untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tahun lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. Akan tetapi, dua anggota aliansi, Turki dan Hongaria, belum meratifikasi aplikasi dari negara Skandinavia itu.

Laporan parlemen, yang akan diterbitkan pada Senin (19/6), mengatakan bahwa meskipun pasukan darat Rusia diikat di Ukraina, jenis serangan militer lainnya terhadap Swedia tidak dapat dikesampingkan.

"Rusia juga semakin menurunkan ambang batas untuk penggunaan kekuatan militer dan menunjukkan selera risiko politik dan militer yang tinggi. Kemampuan Rusia untuk melakukan operasi dengan angkatan udara, angkatan laut, senjata jarak jauh atau senjata nuklir melawan Swedia tetap utuh," kata SVT mengutip sumber yang mengerjakan laporan tersebut.

Ketua komite pertahanan parlemen tidak segera menjawab permintaan komentar.

SVT mengatakan laporan itu menguraikan doktrin pertahanan baru untuk Swedia, berdasarkan keanggotaan di NATO daripada doktrin mereka sebelumnya yang mengandalkan kerja sama dengan sesama negara Nordik dan Uni Eropa.

Seperti kebanyakan negara Barat, Swedia mengurangi pertahanannya setelah berakhirnya Perang Dingin tetapi telah meningkatkan pengeluaran pertahanan dan akan memenuhi ambang batas NATO sebesar 2 persen PDB pada tahun 2026.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Swedia Gabung NATO Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :