Sabtu, 27/04/2024 17:06 WIB

AS Umumkan Paket Bantuan Militer untuk Ukraina Rp 31,18 Triliun

Paket itu termasuk rudal untuk sistem pertahanan udara Patriot, peluru artileri, drone, dan amunisi sistem roket berpemandu laser.

Ilustrasi bantuan senjata (AP / Alex Brandon)

JAKARTA, Jurnas.com  - Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket bantuan militer senilai US$2,1 miliar atau sekitar Rp 31,18 triliun untuk Ukraina pada Jumat (9/6) waktu setempat.

Pengumuman itu disampaikan saat Kyiv tampaknya membuka serangan balasan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk mengusir Rusia dari negara tersebut. Paket itu termasuk rudal untuk sistem pertahanan udara Patriot, peluru artileri, drone, dan amunisi sistem roket berpemandu laser.

"Persenjataan baru, menggambarkan komitmen berkelanjutan untuk kemampuan kritis jangka pendek Ukraina serta kapasitas Angkatan Bersenjata Ukraina yang bertahan lama untuk mempertahankan wilayahnya dan mencegah agresi Rusia dalam jangka panjang," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Dibutuhkan hingga US$40,4 miliar nilai pasokan militer yang diberikan Amerika Serikat kepada Ukraina sejak awal 2021, sebagian besar sejak Rusia menginvasi negara itu pada 24 Februari 2022.

Itu terjadi pada titik krusial dalam perang. Ukraina telah menimbun persenjataan dan melatih pasukan dalam persiapan untuk kampanye darat yang mungkin melelahkan untuk mencoba memaksa pasukan Rusia mundur dari sebagian besar wilayah tenggara dan selatan Ukraina yang mereka duduki.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan hari Jumat bahwa serangan telah dimulai, di tengah laporan bahwa pasukan Ukraina telah melancarkan serangan di tiga titik kunci di sepanjang front panjang.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Vladimir Putin Bantuan Senjata Ukraina Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :