Sabtu, 27/04/2024 13:23 WIB

Afrika Selatan Buka Penyelidikan Setelah Dituding AS Pasok Senjata ke Rusia

Washington telah berulang kali memperingatkan negara-negara agar tidak memberikan dukungan material kepada Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, terlihat bersama Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, kanan (File: Sergei Chirikov/Pool photo via AP Photo)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan setelah duta besar Amerika Serikat (AS) di Pretoria menuduh negara itu telah memberikan senjata ke Moskow meskipun dinyatakan netral dalam perang Rusia di Ukraina.

"Pemerintah membuka penyelidikan independen yang dipimpin oleh seorang pensiunan hakim atas tuduhan tersebut," kata kantor Ramaphosa dalam sebuah pernyataan pada Kamis (11/5).

Sebelumnya, Duta Besar AS untuk Afrika Selatan, Reuben Brigety mengatakan kepada wartawan lokal dalam sebuah pengarahan bahwa Washington yakin sebuah kapal Rusia telah mengunggah senjata dan amunisi dari Afrika Selatan pada bulan Desember.

"Di antara hal-hal yang kami catat adalah berlabuhnya kapal kargo Rusia Lady R di Simon`s Town antara 6 Desember dan 8 Desember 2022, yang kami yakin mengunggah senjata, amunisi saat kembali ke Rusia," kata Brigety dalam pengarahan kepada wartawan lokal, seperti dikutip oleh kantor berita Reuters.

"Mempersenjatai Rusia oleh Afrika Selatan dengan kapal itu… pada dasarnya tidak dapat diterima," kata Brigety, seraya menambahkan bahwa para pejabat senior AS memiliki kekhawatiran yang mendalam tentang Afrika Selatan yang tidak menghormati kebijakan non-blok dan netralitas yang dianutnya sehubungan dengan perang Rusia.

"Ini tidak menyarankan kepada kami tindakan negara nonblok," katanya.

Washington telah berulang kali memperingatkan negara-negara agar tidak memberikan dukungan material kepada Rusia, memperingatkan bahwa mereka yang melakukannya dapat ditolak aksesnya ke pasar terpenting dunia.

Brigety membuat pernyataan kepada wartawan setelah kembali ke Pretoria setelah menemani delegasi tingkat tinggi Afrika Selatan ke AS untuk mengatasi kekhawatiran tentang hubungan Afrika Selatan dengan Rusia.

Afrika Selatan melakukan latihan angkatan laut bersama dengan Rusia dan China pada bulan Februari – menyebutnya rutin – yang dikhawatirkan oleh AS dan kekuatan Barat lainnya pada saat itu.

Brigety mengatakan pada hari Kamis bahwa latihan angkatan laut dan masalah lainnya, selain pengiriman senjata, telah menambah kekhawatiran tentang kesetiaan Afrika Selatan.

Afrika Selatan adalah salah satu sekutu Rusia yang paling penting di benua yang terbagi atas invasi Moskow ke Ukraina, tetapi negara itu mempertahankannya tidak memihak dalam konflik tersebut dan tidak memberikan suara pada resolusi PBB tentang perang tersebut.

KEYWORD :

Afrika Selatan Cyril Ramaphosa Amerika Serikat Perang Rusia Ukraina Pasokan Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :