Jum'at, 10/05/2024 22:57 WIB

Rusia Usir Diplomat Jerman

Pengusiran tersebut terjadi setelah Jerman mengusir lebih dari 20 diplomat Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova berbicara dalam sesi Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) di Saint Petersburg, Rusia pada 16 Juni 2022. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)

JAKARTA,  Jurnas.com - Rusia mengatakan, pihaknya mengusir sejumlah diplomat Jerman. Pengusiran tersebut terjadi setelah Jerman mengusir lebih dari 20 diplomat Rusia.

Seorang pejabat Kementerian Luar Begeri Jerman mengatakan Berlin dan Moskow telah menghubungi perwakilan mereka masing-masing dalam beberapa minggu terakhir, dan bahwa kedatangan pesawat pemerintah Rusia di Berlin terkait dengan masalah tersebut.

Hubungan antara Rusia dan Jerman, yang dulunya merupakan pembeli terbesar minyak dan gas Rusia, telah merenggang sejak Moskow mengirim angkatan bersenjatanya ke Ukraina pada Februari 2022 dan Barat menanggapinya dengan sanksi dan senjata untuk Ukraina.

"Otoritas Jerman telah memutuskan pengusiran massal karyawan misi diplomatik Rusia di Jerman," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

"Kami sangat mengutuk tindakan Berlin ini, yang terus secara demonstratif menghancurkan seluruh rangkaian hubungan Rusia-Jerman," sambungnya.

Itu tidak mengungkapkan jumlah diplomat yang terlibat, tetapi mengatakan pengusirannya sendiri bersifat "timbal balik," dan itu akan secara signifikan membatasi jumlah maksimum staf di misi diplomatik Jerman.

Dikatakan duta besar Jerman telah diberitahu tentang langkah tersebut dalam pembicaraan pada 5 April.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan telah memperhatikan pernyataan Rusia tersebut.

Sumber:Al Arabiya

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Pengusiran Diplomat Jerman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :