Sabtu, 27/04/2024 16:46 WIB

Viral di Media Sosial Dalai Lama Minta Bocah Isap Lidahnya

Video yang viral di media sosial tersebut menunjukkan Dalai Lama, 87, mencium bibir anak laki-laki itu saat dia membungkuk untuk memberi hormat.

Pada 5 Oktober 1989, Dalai Lama, yang mengadvokasi perjuangan tanpa kekerasan melawan dominasi Cina di tanah airnya, Tibet, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

JAKARTA, Jurnas.com - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama meminta maaf pada Senin (10/4) setelah sebuah video yang menunjukkan dia meminta seorang anak laki-laki untuk menghisap lidahnya.

Dikutip dari AFP, video yang viral di media sosial tersebut menunjukkan Dalai Lama, 87, mencium bibir anak laki-laki itu saat dia membungkuk untuk memberi hormat.

Biksu Budha itu kemudian terlihat menjulurkan lidahnya sambil meminta anak itu untuk menghisapnya. "Bisakah kamu menyedot lidahku," terdengar dia bertanya kepada anak laki-laki dalam video itu.

Video tersebut berasal dari sebuah acara di McLeod Ganj, pinggiran kota Dharamshala di India utara, pada 28 Februari.

"Yang Mulia ingin meminta maaf kepada bocah itu dan keluarganya, serta banyak temannya di seluruh dunia, atas luka yang mungkin ditimbulkan oleh kata-katanya," kata sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitternya yang terverifikasi.

"Yang Mulia sering menggoda orang yang dia temui dengan cara yang polos dan lucu, bahkan di depan umum dan di depan kamera," tambahnya. "Dia menyesali kejadian itu."

Pengguna Twitter mengecam video tersebut, menyebutnya "menjijikkan" dan "benar-benar memuakkan" setelah mulai menjadi tren pada hari Minggu.

"Benar-benar terkejut melihat tampilan #DalaiLama ini. Di masa lalu juga, dia harus meminta maaf atas komentar seksisnya. Tapi mengatakan - Sekarang sedot lidahku ke anak kecil itu menjijikkan," tulis pengguna Sangita.

Poster lain, Rakhi Tripathi, mengatakan: "Apa yang baru saja saya lihat? Apa yang dirasakan anak itu? Menjijikkan."

Dalai Lama tetap menjadi wajah gerakan otonomi Tibet yang diakui secara universal.

Tetapi sorotan global yang dia nikmati setelah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 1989 telah meredup dan banjir undangan untuk hobnob dengan para pemimpin dunia dan bintang Hollywood telah melambat, sebagian karena pemimpin yang sudah tua itu mengurangi jadwal perjalanannya yang padat, tetapi juga karena China. pengaruh ekonomi dan politik yang semakin kuat.

Beijing menuduhnya ingin memecah Tiongkok, dan menyebutnya sebagai "serigala berjubah biksu".

Pada 2019, Dalai Lama meminta maaf karena mengatakan bahwa jika penggantinya adalah seorang wanita, dia harus "menarik". Komentar yang dikritik di seluruh dunia itu dilontarkan dalam sebuah wawancara dengan BBC.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Dalai Lama Video Mesum Tibet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :