Jum'at, 26/04/2024 13:15 WIB

Implementasi Ekonomi Biru, KKP Kembangkan VOGA dan SFV

BRSDM melaksanakan dua program terobosan, pertama yaitu VOGA (Vocational Goes to Actors) dan pengembangan Smart Fisheries Village (SFV)

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) I Nyoman Radiarta. (Foto dokumentasi Humas BRSDM KKP)

Jakarta, Jurnas.com - Upaya mengawal implementasi program prioritas berbasis ekonomi biru. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan program VOGA (Vocational Goes to Actors) dan Smart Fisheries Village (SFV). Hal ini, disampaikan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) I Nyoman Radiarta, di Jakarta, Rabu.

"Dalam mendukung program strategis KKP yang berlandaskan pada ekonomi biru, BRSDM memiliki peran strategis dalam penyiapan SDM unggul, maju, dinamis dan bertalenta global. Sejalan dengan hal tersebut BRSDM melaksanakan dua program terobosan, pertama yaitu VOGA (Vocational Goes to Actors) dan pengembangan Smart Fisheries Village (SFV)," ujar I Nyoman Radiarta.

Nyoman menjelaskan, VOGA dilaksanakan melalui transformasi pendidikan vokasi dengan pembentukan Ocean Institute of Indonesia (OII) yang merupakan penggabungan seluruh satuan pendidikan tinggi bidang kelautan dan perikanan yang dimiliki KKP dengan kampus utama di Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta dan revitalisasi pelatihan dan sertifikasi kelautan dan perikanan serta optimalisasi peran penting penyuluh.

“Pada Penerimaan Peserta Didik KKP tahun ajaran 2023/2024, yang akan dilaksanakan pada 1 April – 30 Mei 2023, BRSDM pun berkomitmen memberikan akses pendidikan 100 persen bagi anak pelaku utama perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar hasil perikanan, dan petambak garam) sebagai upaya regenerasi pelaku utama bidang kelautan dan perikanan,” imbuhnya.

Program kedua yaitu pengembangan Smart Fisheries Village (SFV), yang merupakan konsep pembangunan desa perikanan berbasis teknologi informasi dan manajemen tepat guna dalam rangka meningkatkan pemanfaatan aset barang milik negara (BMN) dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dalam program ini terdapat dua konsep pembangunan SFV yakni berbasis desa dan berbasis Unit Pelaksana Teknis (UPT). Adapun pembangunan SFV tidak hanya dilakukan secara fisik, namun juga pada tatanan sosial dan kelembagaannya sehingga daya saing desa meningkat dan terjadi peningkatan kapasitas SDM.

 

KEYWORD :

KKP BRSDM VOGA SFV ekonomi biru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :