Sabtu, 27/04/2024 11:19 WIB

Mau Mulai Tanam Modal, Yuk Cek Dulu Cara Kerja dan Mekanisme Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang beri solusi berinvestasi aman. Yuk ikuti caranya

Ini Cara Kerja dan Mekanisme Reksa Dana Pasar Uang. (Foto: Jurnas/Ilustrasi/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Ketika berinvestasi, tidak semua orang melakukannya untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Tergantung kebutuhan dan keinginan, tidak sedikit investor yang ingin mencapai target investasi jangka pendek, sebagai contoh kurang dari 1 tahun. Dengan kondisi tersebut, mereka tentu perlu mencari instrumen investasi yang cenderung stabil dan memiliki fluktuasi rendah.

Di antara berbagai instrumen investasi dengan karakteristik tersebut, reksa dana pasar uang menjadi produk yang cukup banyak diminati. Dengan tingkat risiko yang terbilang rendah, reksa dana pasar uang mampu memberi peluang imbal hasil yang menjanjikan. Bahkan, nilai return dari jenis produk reksa dana tersebut bisa melebihi tabungan bank, deposito, dan beragam layanan perbankan lainnya.

Kendati demikian, jika kamu tertarik untuk menanam modal pada produk reksa dana pasar uang, pastikan untuk memahami cara kerja dan mekanismenya terlebih dulu. Dengan begitu, aktivitas investasi di produk tersebut bisa berjalan lancar dan mampu meminimalkan risiko sekaligus memaksimalkan keuntungannya. Berikut ulasan tentang cara kerja dan mekanisme dari produk reksa dana pasar uang.

- Lakukan Penyetoran Dana pada Manajer Investasi

Sama halnya dengan jenis produk reksa dana yang lainnya, pengelolaan dana investasi milik investor reksa dana pasar uang dilakukan oleh Manajer Investasi atau MI. Karenanya, langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi di produk reksa dana jenis ini adalah melakukan penyetoran dana pada Manajer Investasi.

Penyetoran dana tersebut pun disesuaikan dengan kondisi finansial, budget, dan keinginan pihak investor. Kemudian, ketika pihak Manajer Investasi atau MI telah mendapat setoran dana dari investor selaku kliennya tersebut, mereka akan langsung melakukan proses pengelolaan. Dari situ tugas Manajer Investasi dalam mengelola dana investor reksa dana pasar uang untuk membeli aset tertentu sesuai ketentuan dan tujuan tertentu dilakukan.

- Pembuatan Portofolio oleh Manajer Investasi

Setelah itu, ketika modal investasi telah disetorkan oleh pihak investor dan diterima pihak Manajer Investasi, langkah selanjutnya adalah membuat portofolio investasi. Pembuatan portofolio investasi milik nasabah ini dilakukan secara kolektif atau bersama-sama dengan seluruh dana yang disetorkan oleh banyak investor lainnya sekaligus.

Biasanya, pembuatan portofolio investasi reksa dana ini juga hanya bisa dilakukan ketika produk yang bersangkutan telah mendapatkan dana dengan nominal atau jumlah tertentu. Namun, jika penyetoran dana investasi dilakukan pada produk reksa dana pasar uang yang telah dirilis dan ada sebelumnya, modal milik investor tersebut akan langsung digabungkan bersama dana milik investor lainnya.

- Manajer Investasi Menyusun Draft Portofolio Reksa Dana Pasar Uang

Mekanisme selanjutnya dari reksa dana pasar uang setelah dana diterima oleh Manajer Investasi dan portofolio dibuat adalah mengelola serta mengisi portofolio tersebut dengan aset berharga pilihan. Awalnya, pengisian portofolio reksa dana tersebut dilakukan melalui pembuatan draft terlebih dulu.

Di samping itu, tergantung dari jenis produk reksa dana yang dipilih, aset atau instrumen investasi yang dibeli oleh pihak Manajer Investasi cenderung berbeda, termasuk terkait rasio pembeliannya. Untuk contoh reksa dana pasar uang sendiri, umumnya isi portofolionya berupa sertifikat Bank Indonesia atau SBI, deposito, dan juga obligasi yang memiliki masa atau durasi jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Pemilihan aset pada reksa dana pasar uang tersebut dilakukan dengan memfokuskan stabilitas dan keamanan investasi.

- Manajer Investasi Mengelola Portofolio Reksa Dana Pasar Uang

Ketika pembuatan portofolio investasi reksa dana pasar uang selesai dilakukan, pihak Manajer Investasi bakal melakukan mekanisme selanjutnya yaitu pengelolaan dana investasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mendapatkan potensi keuntungan atau imbal hasil yang optimal dari aktivitas investasi.

Walaupun mungkin terlihat sederhana, tapi pengelolaan portofolio reksa dana ini harus dilakukan secara teliti, penuh pertimbangan, dan juga perhitungan akurat. Dengan begitu, performa Manajer Investasi dalam mengelola produk reksa dana pasar uang menjadi positif dan mampu memberi potensi keuntungan bagi para kliennya secara maksimal.

- Membuat dan Memberikan Laporan Investasi secara Berkala pada Investor

Terakhir, pada proses investasi reksa dana pasar uang, pihak Manajer Investasi wajib membuat laporan pengelolaan dana investasi dan melaporkannya pada setiap kliennya. Langkah ini dilakukan dengan tujuan memberi informasi terhadap investor mengenai penggunaan dana modal untuk berinvestasi. Umumnya, pada laporan tersebut bisa terlihat perkembangan serta performa investasi selama periode waktu tertentu.

Ketahui Cara Kerjanya agar Mampu Investasi Reksa Dana Pasar Uang Tanpa Rasa Khawatir

Itulah penjelasan tentang bagaimana mekanisme dan cara kerja dari investasi di produk reksa dana pasar uang. Dengan mengetahui cara kerjanya, investor tentu bisa lebih mampu menjalani aktivitas investasi di sebuah instrumen dengan lancar dan optimal. Alhasil, aktivitas menanam modal pun bisa memberi manfaat keuntungan yang lebih maksimal sekaligus meminimalkan risiko kerugiannya.

 

KEYWORD :

Reksa Dana Manager Investasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :