Sabtu, 02/03/2024 21:05 WIB

Harga iPhone Anjlok di Rusia

Harga beberapa smartphone, tergantung pada modifikasinya, telah turun hingga 10 persen.

Iphone (Sputnik/Evgeny Odinokov)

JAKARTA, Jurnas.com - Harga iPhone di Rusia anjlok enam hingga sepuluh persen di rantai ritel besar karena melimpahnya pasar yang mengikuti peningkatan pasokan produk Apple melalui impor paralel.

Harga beberapa smartphone, tergantung pada modifikasinya, telah turun hingga 10 persen, menurut outlet berita Izvestia.

Pengecer terpaksa menurunkan harga iPhone karena kelebihan stok, setelah banyak pemasok membanjiri pasar dengan perangkat yang menggunakan skema impor paralel dan memicu persaingan, jelas pakar industri.

Ini tidak hanya berlaku untuk iPhone, tetapi juga untuk produk Apple lainnya yang secara resmi terdaftar sebagai tidak tersedia untuk pembelian atau pengiriman di Rusia.

Apple berhenti menjual iPhone dan produk lainnya di Rusia Maret lalu, bergabung dengan eksodus merek Barat di tengah sanksi terkait Ukraina.

Pengecer Rusia mendapatkan gadget ikonik dari negara lain melalui impor paralel, sebuah praktik di mana produk non-palsu diimpor tanpa izin dari pemilik kekayaan intelektual melalui saluran pasokan alternatif.

Rusia melegalkan mekanisme untuk menyediakan pasar dengan barang-barang yang dihentikan pengiriman atau produksinya oleh perusahaan Barat di Rusia karena sanksi.

Sumber: Russia Today

KEYWORD :

Harga Iphone Apple Smartphone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :