Jum'at, 26/04/2024 10:43 WIB

Pelatih Baru Portugal Puji Penampilan Ronaldo yang Bawa Pengaruh Positif

Martinez mengatakan pertandingan melawan tim yang lebih kecil bisa menjadi jebakan, tetapi pemain Portugal itu membuat awal yang sempurna di Grup J melawan kerajaan kecil Alpine.

Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

JAKARTA, Jurnas.com - Pelatih baru Portugal, Roberto Martinez memuji pengaruh positif pemecah rekor Cristiano Ronaldo saat mereka mengalahkan Liechtenstein 4-0 pada Kamis di awal kualifikasi Euro 2024.

Martinez mengatakan pertandingan melawan tim yang lebih kecil bisa menjadi jebakan, tetapi pemain Portugal itu membuat awal yang sempurna di Grup J melawan kerajaan kecil Alpine.

Penampilannya ini menandai rekor membela timnas ke-197 untuk Ronaldo, yang mencetak dua gol terakhir di Stadion Jose Alvalade untuk memperpanjang penghitungan internasionalnya yang memecahkan rekor menjadi 120.

"Itu sangat, sangat positif," kata Martinez kepada televisi Portugis.

"Itu adalah langkah selanjutnya yang jelas dari sikap dan pekerjaan yang kami lakukan dalam latihan. Selalu sangat sulit untuk memainkan jenis permainan ini, itu adalah `permainan jebakan`, tetapi cara kami bermain dengan bola dan bagaimana kami menahannya bahaya Liechtenstein sangat penting," sambungnya.

Martinez, mantan manajer Belgia, menggantikan Fernando Santos setelah Portugal kalah di perempat final Piala Dunia tahun lalu dari Maroko di Qatar.

Susunan pemainnya tidak jauh berbeda dari pendahulunya dan mereka dengan cepat memimpin melalui Joao Cancelo tetapi gagal menambah lebih banyak gol hingga awal babak kedua.

"Kami memulai babak pertama dengan baik tetapi kemudian menjadi frustrasi," kata Martinez. "Kami harus berkembang di pertandingan-pertandingan ini. Performa di babak kedua jauh lebih baik. Itu adalah kesempatan untuk meraih tiga poin dan lebih dari itu bagi para pemain untuk mengenal saya dan saya mereka.

"Selalu rumit ketika Anda memiliki banyak pemain lawan di depan gawang. Anda harus mengendalikan emosi Anda, Anda tidak boleh terlalu individualistis," sambung dia.

Martinez mengembalikan Ronaldo ke starting line-up setelah dia dicadangkan untuk dua pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia dan senang dengan kontribusi pemain berusia 38 tahun itu.

"Ini adalah siklus baru. Penting bagi seorang pemain untuk menunjukkan komitmen dan kami dapat menggunakan pengalamannya, dan Cristiano menunjukkan itu," tambah sang pelatih.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Portugal Roberto Martinez Cristiano Ronaldo Kualifikasi Euro 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :