Sabtu, 27/04/2024 09:04 WIB

Rusia Salahkan Armenia atas Gagalnya Pembicaraan Damai Azerbaijan

Moskow pada Kamis menuduh Armenia membatalkan pembicaraan damai dan meminta Yerevan untuk kembali ke meja perundingan. 

Putin menyalahkan Ukraina atas berlanjutnya pertempuran (Foto: SPUTNIK/AFP/Alexandr Demyanchuk)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia menyalahkan Armenia atas gangguan dalam pembicaraan damai dengan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan sebagai tanda terbaru gesekan antara Moskow dan Yerevan terkait konflik tersebut.

Selama berbulan-bulan, Armenia dan Azerbaijan, keduanya bekas republik Soviet, telah mencoba membahas kesepakatan damai untuk wilayah yang diperebutkan di Kaukasus Selatan.

Nagorno-Karabakh diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi merupakan rumah bagi sebagian besar penduduk etnis Armenia. Konflik dua tetangga atas wilayah tersebut dimulai pada awal abad ke-20 dan telah pecah menjadi perang dua kali, yang terbaru pada tahun 2020.

Moskow pada Kamis menuduh Armenia membatalkan pembicaraan damai dan meminta Yerevan untuk kembali ke meja perundingan. "Sulit untuk menilai posisi Yerevan ketika pernyataan resmi mereka sangat berbeda," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Dia mengatakan keputusan Armenia untuk membatalkan pembicaraan damai yang dijadwalkan pada bulan Desember di Moskow menghalangi kami untuk membahas perjanjian damai.

"Jika mitra Armenia kami benar-benar tertarik untuk menyelesaikan masalah ini, maka alih-alih terlibat dalam skolastik, kami harus terus bekerja sama," kata Zakharova.

Ketegangan yang meningkat

Selama sebulan terakhir, warga sipil Azerbaijan yang mengaku sebagai aktivis lingkungan telah melakukan protes di sepanjang koridor Lachin, satu-satunya jalan yang menghubungkan Nagorno-Karabakh ke Armenia. Yerevan menyebut tindakan itu sebagai blokade yang didukung pemerintah Azerbaijan.

Baku mengatakan kelompok tersebut memiliki kekhawatiran yang sah atas dugaan proyek pertambangan Armenia yang melanggar hukum dan membantah bahwa wilayah tersebut diblokir.

Isu tersebut telah menimbulkan ketegangan dalam hubungan antara sekutu Armenia dan Rusia. Yerevan telah berulang kali mengkritik pasukan penjaga perdamaian Rusia, yang ditempatkan di koridor Lachin sejak 2020 untuk memastikan pergerakan bebas. Armenia mengatakan mereka tidak berbuat cukup untuk meredakan kemacetan. Tetapi Moskow mengatakan sedang melakukan segala yang mungkin.

Pada hari Selasa, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan, "Kehadiran militer Rusia di Armenia tidak hanya gagal menjamin keamanannya, tetapi juga meningkatkan ancaman keamanan bagi Armenia."

Pada hari yang sama, Armenia mengumumkan tidak akan menjadi tuan rumah latihan militer oleh aliansi negara-negara pasca-Soviet yang dipimpin Rusia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CTSO).

Pashinyan mengatakan tidak masuk akal untuk mengadakan latihan CTSO di wilayah Armenia.

Meskipun latihan dibatalkan, Kremlin mengatakan Yerevan tetap menjadi sekutu dekat dan berencana meminta Armenia untuk mengklarifikasi posisinya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Rusia Armenia Azerbaijan Kesepakatan Damai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :