Rabu, 15/05/2024 23:57 WIB

Joe Biden Blacklist YMTC, Produsen Chip China

Joe Biden Blacklist YMTC, Produsen Chip China.

Presiden AS Joe Biden terlihat setelah memberikan sambutan di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Mei 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menambahkan produsen chip China Yangtze Memory Techonologies (YMTC) dan 21 perusahaan China lainnya ke dalam daftar hitam transaksi dagang.

Dikutip dari Reuters, YMTC ditambahkan ke dalam daftar hitam karena khawatir hal itu dapat mengalihkan teknologi AS ke raksasa teknologi China Huawei dan Hikvision yang sebelumnya masuk daftar hitam.

Langkah tersebut, tercantum dalam Daftar Federal, akan melarang pemasok YMTC untuk mengirimkan barang-barang AS ke sana tanpa lisensi yang sulit diperoleh.

21 entitas chip AI China yang ditambahkan ke daftar hitam perdagangan, termasuk Cambricon Technologies Corp dan CETC, menghadapi hukuman yang lebih berat, di mana pemerintah AS secara efektif memblokir akses mereka ke teknologi yang dibuat di mana saja di dunia dengan peralatan AS.

"Ketika pemerintah China berusaha menghilangkan hambatan antara sektor militer dan sipilnya, kepentingan keamanan nasional AS mengharuskan kami bertindak tega menolak akses ke teknologi canggih," kata Asisten Menteri Perdagangan untuk Administrasi Ekspor, Thea Kendler dalam sebuah pernyataan.

YMTC, Cambricon, CETC dan Kedutaan Besar China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Langkah tersebut didasarkan pada kontrol ekspor yang diberlakukan di Beijing pada Oktober untuk memperlambat kemajuan teknologi dan militer Beijing, termasuk langkah-langkah mengekang akses China ke alat pembuat chip AS dan memotongnya dari chip tertentu yang dibuat di mana pun di dunia dengan peralatan AS.

Itu juga terjadi ketika Kongres bersiap menyelesaikan undang-undang untuk melarang pemerintah AS membeli produk yang mengandung semikonduktor yang dibuat oleh YMTC, pembuat chip memori China CXMT atau produsen chip top China SMIC.

Departemen Perdagangan pada Kamis juga menargetkan sembilan entitas China karena diduga berusaha mendukung modernisasi militer China, termasuk Shanghai Micro Electronics Equipment (SMEE), satu-satunya perusahaan litografi China.

Sebanyak 35 entitas China ditambahkan ke daftar hitam perdagangan AS, yang dikenal sebagai daftar entitas, serta anak perusahaan YMTC yang berbasis di Jepang.

Pengumuman Kamis tidak semuanya berita buruk bagi Beijing. Administrasi Biden menghapus Wuxi Biologics, perusahaan yang membuat bahan untuk vaksin COVID-19 AstraZeneca, dan 25 entitas China lainnya dari daftar yang belum diverifikasi berkat kunjungan ke lokasi yang sukses.

Reuters melaporkan pada hari Rabu bahwa langkah seperti itu sedang dikerjakan dan melaporkan awal tahun ini bahwa pejabat AS dapat melakukan kunjungan ke lokasi di Wuxi Biologics.

Wuxi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Perusahaan ditambahkan ke daftar yang belum diverifikasi jika AS tidak dapat menyelesaikan kunjungan ke lokasi untuk menentukan apakah mereka dapat dipercaya untuk menerima ekspor teknologi AS yang sensitif, inspeksi yang di China memerlukan persetujuan dari kementerian perdagangan.

Ditambahkan ke daftar yang tidak diverifikasi memaksa pemasok AS untuk melakukan uji tuntas yang lebih baik sebelum mengirim ke perusahaan yang ditargetkan.

Pejabat Departemen Perdagangan mengaitkan kerja sama yang lebih besar dari Beijing dalam pemeriksaan lokasi dengan aturan baru yang diumumkan pada bulan Oktober. Di bawah aturan itu, jika pemerintah mencegah pejabat AS melakukan pemeriksaan lokasi di perusahaan-perusahaan dalam daftar yang belum diverifikasi, Washington dapat menambahkan mereka ke daftar entitas setelah enam puluh hari.

Di bawah kebijakan baru itu, Departemen Perdagangan pada hari Kamis menghapus sembilan entitas Rusia dari daftar yang belum diverifikasi dan menambahkannya ke daftar entitas karena AS tidak dapat melakukan kunjungan ke lokasi.

Senat Tertinggi Demokrat Chuck Schumer menggembar-gemborkan pengenaan hukuman baru di YMTC.

"YMTC menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan nasional kita, jadi Pemerintahan Biden perlu bertindak cepat untuk mencegah YMTC memperoleh keuntungan militer atau ekonomi bahkan satu inci pun," katanya dalam sebuah pernyataan.

KEYWORD :

Produsen Chip China Amerika Serikat YMTC Joe Biden Perang Dadang China-AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :