Selasa, 23/04/2024 19:48 WIB

Rusia Sebut Amerika Serikat Munafik

Negeri Beruang Merah mengatakan Washington selama beberapa dekade telah mengerahkan senjata nuklir semacam itu di Eropa.

Bendera Rusia dan AS digambarkan sebelum pembicaraan antara Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov dan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman di Misi AS di Jenewa, Swiss, pada 10 Januari 2022. (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia menyatakan bahwa kritik Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden atas rencana Moskow untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di Belarusia sebagai hal yang munafik. Negeri Beruang Merah mengatakan Washington selama beberapa dekade telah mengerahkan senjata nuklir semacam itu di Eropa.

Pada Kamis (25/5), Rusia mengatakan, pihaknya mendorong penyebaran pertama senjata semacam itu di luar perbatasannya sejak jatuhnya Uni Soviet tahun 1991 dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan senjata tersebut sudah bergerak.

Sehari kemudian, Biden mengatakan memiliki reaksi "sangat negatif" terhadap laporan bahwa Rusia telah bergerak maju dengan rencana untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di Belarusia. Departemen Luar Negeri AS mengecam rencana penyebaran nuklir Rusia.

"Adalah hak berdaulat Rusia dan Belarusia untuk memastikan keamanan mereka dengan cara yang kami anggap perlu di tengah perang hibrida skala besar yang dilancarkan oleh Washington terhadap kami," kata Kedutaan Rusia di AS dalam sebuah pernyataan.

"Tindakan yang kami lakukan sepenuhnya konsisten dengan kewajiban hukum internasional kami," sambungnya.

AS mengatakan dunia menghadapi bahaya nuklir paling parah sejak Krisis Rudal Kuba 1962 karena pernyataan Presiden Vladimir Putin selama konflik Ukraina, tetapi Moskow mengatakan posisinya telah disalahtafsirkan.

Putin telah berulang kali memperingatkan bahwa Rusia, yang memiliki lebih banyak senjata nuklir daripada negara lain mana pun, akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan diri.

Senjata nuklir taktis digunakan untuk keuntungan taktis di medan perang, dan biasanya hasilnya lebih kecil daripada senjata nuklir strategis yang dirancang untuk menghancurkan kota-kota AS, Eropa, atau Rusia.

Kedutaan Besar Rusia menyebut kecaman AS atas rencana pengerahan Moskow itu munafik, dengan mengatakan bahwa "sebelum menyalahkan orang lain, Washington dapat menggunakan beberapa introspeksi."

"AS selama beberapa dekade mempertahankan gudang besar senjata nuklirnya di Eropa. Bersama dengan sekutu NATO-nya, ia berpartisipasi dalam pengaturan pembagian nuklir dan melatih skenario penggunaan senjata nuklir terhadap negara kita."

AS telah mengerahkan senjata nuklir di Eropa Barat sejak Presiden AS Dwight D Eisenhower mengesahkan penempatan mereka dalam Perang Dingin sebagai tanggapan terhadap ancaman yang dirasakan dari Uni Soviet. Senjata nuklir AS pertama di Eropa dikerahkan di Inggris pada tahun 1954.

Banyak detail tentang penempatan AS saat ini dirahasiakan, meskipun Federasi Ilmuwan Amerika mengatakan bahwa AS memiliki 100 senjata nuklir taktis B61 yang dikerahkan di Eropa - di Italia, Jerman, Turki, Belgia, dan Belanda.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Belarusia Senjata Nuklir Perang Rusia Ukraina Joe Biden Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :