Sabtu, 11/05/2024 02:00 WIB

Puncak HBT ke-72 Digelar di Merauke, Gus Halim: Transmigran di Sini Banyak yang Sukses

Puncak HBT ke-72 sengaja digelar di Indonesia ujung Timur sebagai bentuk komitmen pemerintah khususnya Kemendes PDTT untuk melakukan pemerataan pembangunan dari berbagai wilayah.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mendapat souvenir hasil produksi dari transmigran. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Merauke, Jurnas.com - Puncak peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-72 yang digelar di Kabupaten Merauke telah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat setempat.

Pejabat sementara Sekretaris Daerah Provinsi Papua Selatan Maddaremeng menceritakan hal tersebut.

Maddaremeng menyampaikan barang dagangan para penjual di lokasi upacara HBT tepatnya di Lapangan Kapsul Waktu ludes terjual. Siapapun bebas untuk menikmati produk yang disediakan secara gratis.

"Dipilihnya Merauke sebagai tempat pelaksanaan puncak HBT punya implikasi yang sangat besar. Salah satu contoh tadi waktu saya ke kantor, pak kepala OPD saya mengatakan tadi saya dapat makanan dan barang gratis. Kok bisa? Semua jualan itu sudah dibayar oleh Kemendes," cerita Maddaremeng di Joglo Kalinampang, Kampung Semangga Jaya, Senin (12/12/2022).

"Artinya bahwa itu salah satu hal yang menjadi keuntungan Merauke khususnya masyarakat Merauke. Minimal jualannya laku. Itu hal kecil yang sangat penting artinya bagi kita," imbuh Maddaremeng

Puncak HBT ke-72 sengaja digelar di Indonesia ujung Timur sebagai bentuk komitmen pemerintah khususnya Kemendes PDTT untuk melakukan pemerataan pembangunan dari berbagai wilayah. Acara ini dihadiri warga transmigrasi dan masyarakat Papua Selatan secara umum lengkap dengan pertunjukan seni.

Pada kesempatan tersebut, berbagai stand juga didirikan yang berisi hasil produksi transmigran dari berbagai daerah. Beberapa diantaranya jamu tradisional dan kuliner khas Wonogiri, Jawa Tengah, Kampung Yaba Maru (Sp9) Distrik Tanah Miring, dan Stand Distrik Muting Kabupaten Merauke Papua Selatan.

Dilaksanakannya puncak HBT di Merauke bukan tanpa alasan. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menuturkan alasan dipilihnya lokasi tersebut berkaitan dengan kesuksesan Program Transmigrasi.

"Kita sengaja melaksanakan puncak HBT di Kabupaten Merauke karena kita sangat tahu bahwa transmigran disini banyak yang sukses dan harus dijadikan contoh untuk warga lain," kata Pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

"Bagaimanapun ini adalah salah satu solusi dari peningkatan kesejahteraan sekaligus pemerataan domisili penduduk yang dikedepankan adalah peningkatan kesejahteraan baru pemerataan penduduk karena pada intinya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan warganya," pungkas Gus Halim.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar Merauke Transmigrasi Hari Bhakti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :