Kamis, 02/02/2023 08:03 WIB

Isaac Herzog Jadi Presiden Israel Pertama Kunjungi Bahrain

Herzog Jadi Presiden Israel Pertama Kunjungi Bahrain.

Presiden Israel Isaac Herzog bertemu dengan perdana menteri Inggris (tidak terlihat) di dalam Downing Street Nomor 10 di London pusat pada 23 November 2021 selama kunjungan tiga harinya. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Israel, Isaac Herzog tiba Minggu di Bahrain, kunjungan pertama seorang kepala negara Israel ke kerajaan kecil Teluk itu sejak kedua negara menormalisasi hubungan pada 2020.

Herzog, yang perannya sebagian besar seremonial, disambut di bandara oleh Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif al-Zayani, menurut gambar yang diunggah ke akun Twitternya.

Dia mengatakan di Twitter berencana untuk bertemu Raja Hamad bin Isa Al-Khalifa, serta Sheikh Salman bin Hamad al-Khalifa, yang merupakan putra mahkota dan perdana menteri.

Didampingi oleh delegasi ekonomi, Herzog mengatakan akan membahas "cara-cara untuk memperkuat kerja sama ekonomi kbersama dengan masalah perubahan iklim dan keamanan.

Herzog juga mengatakan akan melakukan perjalanan ke Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab.

Pada tahun 2020, UEA, Bahrain, dan Maroko menjadi negara Arab pertama dalam beberapa dekade yang menormalisasi hubungan dengan Israel, menyusul negosiasi yang dipelopori oleh pemerintahan mantan presiden AS Donald Trump.

Negara Yahudi sebelumnya telah mencapai perjanjian damai dengan negara tetangga Mesir dan Yordania. "Saya meminta lebih banyak negara bagian di wilayah kita untuk bergabung dalam kemitraan ini, memperkuat Timur Tengah," cuit Herzog pada hari Minggu.

"Lingkaran perdamaian (Timur Tengah) yang meluas sangat penting, terutama di tengah ancaman terhadap stabilitas global dan regional. Dalam menghadapi kebencian, ancaman & teror, ada satu jawaban: aliansi dengan teman."

Mantan Perdana Menteri Yair Lapid, diplomat top Israel, mengunjungi Bahrain pada September tahun lalu untuk membuka kedutaan Israel di sana.

Pada bulan Februari tahun ini, Israel menandatangani perjanjian pertahanan dengan Bahrain dan Naftali Bennett menjadi perdana menteri Israel pertama yang mengunjungi negara tersebut.

TAGS : Isaac Herzog Hubungan Israel Bahrain Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :