Sabtu, 27/04/2024 07:38 WIB

Sergey Lavrov Bela Serangan Rusia terhadap Infrastruktur Ukraina

Sergey Lavrov Bela Serangan Rusia terhadap Infrastruktur Ukraina.

Sergei Lavrov (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Serangan Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina adalah tanggapan yang dibenarkan terhadap ancaman yang melekat, kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov dalam konferensi pers yang disiarkan televisi yang berlangsung lebih dari dua jam.

"Infrastruktur ini mendukung kemampuan tempur angkatan bersenjata Ukraina dan batalyon nasionalis," kata Lavrov pada Kamis dalam konferensi pers online, mengklaim bahwa tindakan Moskow sebenarnya ditujukan untuk meminimalkan jumlah korban sipil.

Dia mengatakan bahwa rentetan serangan rudal Rusia baru-baru ini dimaksudkan untuk “melumpuhkan fasilitas energi yang memungkinkan Anda terus memompa senjata mematikan ke Ukraina untuk membunuh Rusia".

Gelombang serangan rudal terhadap infrastruktur energi Ukraina sejak Oktober telah menyebabkan jutaan orang terputus dari listrik dan panas, dan dalam beberapa kasus, air. Lusinan warga sipil tewas dalam serangan nasional.

Lavrov juga mengecam Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, NATO, menuduh mereka menginjak-injak hukum internasional saat mencoba mengisolasi dan menghancurkan Rusia.

Dia mengklaim bahwa AS telah mencoba untuk mencegah negara lain, termasuk India, untuk mempertahankan hubungan dekat dengan Rusia, tetapi upaya tersebut gagal.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari, menegaskan tidak menargetkan warga sipil. Dalam beberapa kasus, mereka menyalahkan Ukraina atas serangan terhadap Kyiv.

Tetapi Ukraina dan Barat mengatakan Rusia menargetkan infrastruktur sipil utama dalam upaya untuk menurunkan moral dan memaksa Ukraina melakukan pembicaraan damai – dengan syarat Moskow.

Lavrov mengatakan Rusia "tidak pernah meminta pembicaraan tetapi selalu mengatakan bahwa kami siap mendengarkan mereka yang tertarik dengan penyelesaian yang dinegosiasikan".

Pada saat yang sama, diplomat top Rusia menuduh NATO dan AS memiliki taktik perang serupa di masa lalu. "Bandingkan histeria yang dilancarkan di media Barat sekarang dengan apa yang terjadi ketika AS membom Irak," katanya.

"Di bekas Yugoslavia, NATO juga membom pusat TV di Beograd dengan alasan untuk melayani propaganda perang musuh," kata Lavrov.

Kremlin telah mendesak Ukraina untuk mengakui Krimea, yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada 2014, sebagai bagian dari Rusia dan mengakui perolehan tanah lain yang diperoleh selama konflik tahun ini.

Ia juga terus mendorong jaminan bahwa Ukraina tidak akan bergabung dengan NATO, dan untuk tujuan "demiliterisasi" dan "de-Nazifikasi" yang dirumuskan secara samar.

Ditanya apakah pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden dimungkinkan, Lavrov mengatakan "kami tidak menghindari kontak" tetapi menambahkan, "kami belum mendengar ide serius".

Lavrov mengatakan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken telah mengangkat masalah warga AS yang dipenjara di Rusia melalui panggilan telepon, tetapi mencatat bahwa Putin dan Biden setuju untuk membuat saluran komunikasi terpisah antara layanan khusus untuk membahas masalah tersebut ketika mereka bertemu di Jenewa pada Juni 2021.

"Ini berhasil dan saya berharap beberapa hasil akan tercapai," tambahnya.

Pemerintahan Biden telah mencoba selama berbulan-bulan untuk menegosiasikan pembebasan bintang WNBA Brittney Griner dan eksekutif keamanan perusahaan Amerika-Michigan lainnya Paul Whelan, melalui kemungkinan pertukaran tahanan dengan Moskow.

Mengomentari keputusan Rusia untuk menunda putaran pembicaraan pengendalian senjata nuklir dengan AS yang dijadwalkan minggu ini, Lavrov berpendapat bahwa tidak mungkin untuk membahas stabilitas strategis saat ini sambil mengabaikan semua yang terjadi di Ukraina.

"Tujuannya telah diumumkan untuk mengalahkan Rusia di medan perang atau bahkan menghancurkan Rusia," katanya. "Bagaimana mungkin tujuan mengalahkan Rusia tidak memiliki arti penting bagi stabilitas strategis, mengingat mereka ingin menghancurkan aktor stabilitas strategis utama?"

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Sergey Lavrov Serangan Infrastruktur Ukraina Rusia Amerika Serikat NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :