Jum'at, 26/04/2024 07:29 WIB

Herman Khaeron akan Benahi Problematika di Bidang Perbenihan dan Perbibitan

Herman Khaeron akan Benahi Problematika di Bidang Perbenihan dan Perbibitan. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berfoto bersaam Ketua Umum MPPI, Herman Khaeron usai pengukuhan pengukuhan Dewan Pengurus MPPI periode 2022-2027, yang digelar di Auditorium Gedung RNI, Jakarta, Rabu (30/11).

JAKARTA, Jurnas.comHerman Khaeron, yang terpilih kembali menjadi Ketua Umum Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI) mengatakan akan terus membenahi problematika dan masalah di bidang perbenihan dan perbibitan.

Hal itu Herman sampaikan kepada awak media usai pengukuhan Dewan Pengurus Pusat MPPI periode 2022-2027, yang digelar di Auditorium Gedung RNI, Jakarta, Rabu (30/11).

"Kami menaungi berbagai praktisi, akademisi, dan peneliti di bidang perbenihan yang selama ini kami membantu agar hal-hal yang menjadi problematika dan masalah di bidang perbenihan dan perbibitan ini kita pecahan di MPPI," kata Herman.

Problematika dan masalah tersebut, lanjut Herman, Indonesia belum mampu memenuhi keseluruhan kebutuhan benih dan bibit nasional. Di samping itu, sekitar 20-30 persen petani masih bergantung pada benih dan bibit ala kadarnya.

"Tekad kami di MPPI bersama stakeholder dan jangkar pelaku perbenihan, ke depan kita ingin benih ini betul-betul dalam negeri. Kita bisa mandiri dalam hal perbenihan karena selama ini kan hibirida sangat bergantung impor," kata Herman.

Politikus Partai Demokrat itu menegaskan bahwa benih dan bibit harus benar mendapatkan perhatian karena peranannya sangat penting di dalam mendongkrak produktivitas, khusnya di sektor pangan.

"Tadi dicontohkan Pak Erick Thohir kalau kita menanam sawit selama 7 tahun kalau yang ditanamanya bukan benih unggul tidak akan berbuah. Oleh karena itu, benih dan bibit ini sangat memegang peranan penting di dalam pemenuhan masyarakat khususnya bagi pangan," tegas Herman.

Sebagai upaya untuk meningkatakan kualitas benih dan bibit dalam negeri, Anggota Komisi VI DPR mengatakan, pihaknya akan memberikan sentuhan inovasi dan teknologi di dalam perbenihan dan perbibitan.

"Semakin mampu kita mengembangkan teknologi dalam perbenihan dan perbibitan tentu kita akan semakin menguasai masa depan komoditas apapun. Oleh karena itu, menjadi sangat penting benih dan bibit ini dikuasai baik dari sisi inovasi, teknologi, dan sistem peredarannya," imbuhnya.

KEYWORD :

Herman Khaeron Perbenihan dan Perbibitan Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia MPPI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :