Jum'at, 03/05/2024 09:28 WIB

Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Wilayah Tonga, Ada Peringatan Tsunami

Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Wilayah Tonga, Ada Peringatan Tsunami.

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Dok. Liputan6)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah Tonga mengeluarkan peringatan tsunami pada Jumat setelah gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang laut sekitar 207 km (128 mil) dari ibu kota. Pemerintah pun memperingatkan warga pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Gempa berada pada kedalaman 24,8 km (15,4 mil) yang melanda laut sekitar 207 km (128,6 mil) timur tenggara Neiafu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Samoa Amerika, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC). Gelombang tsunami berbahaya dari gempa mungkin terjadi dalam jarak 300 km dari pusat gempa di sepanjang pantai Niue dan Tonga, katanya.

Layanan meteorologi Tonga memperingatkan penduduk untuk pindah ke pedalaman.

"Peringatan tsunami mendesak sekarang berlaku untuk seluruh Tonga karena gempa kuat yang dirasakan di Kerajaan malam ini. Harap segera pindah ke daratan sampai disarankan lebih lanjut," katanya di halaman Facebook-nya.

Pada bulan Januari, letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha`apai memicu tsunami yang menghancurkan desa dan resor dan memutus komunikasi untuk negara Pasifik Selatan yang berpenduduk sekitar 105.000 orang. Sedikitnya tiga orang tewas.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Wilayah Tonga Gempa Peringatan Tsunami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :