Minggu, 28/04/2024 21:00 WIB

Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Filipina, Otoritas Keluarkan Peringatan Tsunami

Gempa dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada gempa yang lebih dalam, tetapi sejauh ini belum ada laporan kerusakan di Catanduanes.

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Dok. Liputan6)

JAKARTA, Jurnas.com - Gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang lepas pantai Viga pada Selasa (4/4). Otoritas mengeluarkan peringatan tsunami dan perintah evakuasi penduduk pantai di pulau terpencil Filipina .

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan, gempa berkekuatan 6,2 melanda lautan di lepas pantai Filipina timur padaSelasa sekitar pukul 9 malam (13:00 GMT) sekitar 120 km (75 mil) dari Pulau Catanduanes, di lepas pulau utama Luzon.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan, awalnya diperkirakan gempa berkekuatan 6,3 SR, sementara Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina melaporkannya berkekuatan 6,6 SR.

Gempa dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada gempa yang lebih dalam, tetapi sejauh ini belum ada laporan kerusakan di Catanduanes.

Badan seismologi negara mengatakan, gempa tersebut telah menyebabkan gangguan permukaan laut kecil dan memperingatkan, gelombang tsunami setinggi kurang dari satu meter di atas air pasang normal akan mencapai pulau Catanduanes dan Samar.

"Gelombang ini dapat berlanjut selama berjam-jam," katanya.

“Petugas bencana setempat telah diinstruksikan untuk meminta masyarakat yang tinggal di dekat laut untuk mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih tinggi,” kata Luis Surtida, petugas bencana provinsi Catanduanes.

Pihak berwenang di Samar mengatakan tidak ada perintah evakuasi untuk pulau itu.

Sejauh ini, tidak ada laporan kerusakan signifikan pada bangunan atau infrastruktur di Catanduanes, pulau pertanian miskin yang sering dilanda topan.

"Itu tidak terlalu kuat untuk menghasilkan kerusakan," kata Pangeran Obo, seorang petugas bencana di kotamadya Gigmoto Catanduanes.

Kopral Polisi Rodin Balcueva mengatakan gempa itu "cukup kuat" di kotamadya Pandan, di ujung utara Catanduanes

Gempa bumi sering terjadi di Filipina, yang terletak di sepanjang "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik dan vulkanik yang intens yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Sebagian besar gempa terlalu lemah untuk dirasakan oleh manusia, tetapi yang kuat dan merusak datang secara acak tanpa teknologi yang tersedia untuk memprediksi kapan dan di mana akan terjadi.

Gempa besar terakhir terjadi di Filipina utara pada bulan Oktober.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter melanda kota pegunungan Dolores di provinsi Abra, melukai beberapa orang, merusak bangunan, dan memutus aliran listrik di sebagian besar wilayah tersebut.

Gempa berkekuatan 7 di pegunungan Abra Juli lalu memicu tanah longsor dan retakan tanah, menewaskan 11 orang.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Gempa Bumi Lepas Pantai Viga Filipina Tsunami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :