Rabu, 15/05/2024 15:06 WIB

Rusia: Inggris Tidak Pernah Tahu Aib Seperti Perdana Menteri

Rusia: Inggris Tidak Pernah Tahu Aib Seperti Perdana Menteri.

Foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Rusia pada 10 Februari 2022 ini menunjukkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (kanan) dan mantan perdana menteri Inggris Liz Truss, yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri, berpose untuk foto selama pertemuan mereka di Moskow. (Foto: AFP/Kementerian Luar Negeri Rusia/Handout)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia mengatakan, Inggris tidak pernah mengetahui aib seperti perdana menteri setelah Liz Truss mengundurkan diri sebagai pemimpin Inggris hanya beberapa minggu setelah masa jabatannya.

Liz Truss mundur dari kursi PM Inggris setelah 45 hari menjabat menyusul salah langkah dalam mengambil kebijakan ekonomi yang dinilai memperburuk krisis hingga menyebabkan dirinya didesak meninggalkan jabatan.

"Ketidaktahuan bencana dan pemakaman ratu segera setelah audiensinya dengan Liz Truss akan diingat," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova di Telegram, dikutip dari AFP.

"Inggris tidak pernah tahu aib seperti perdana menteri," sambungnya.

Hubungan antara Moskow dan London telah memburuk selama bertahun-tahun, karena masalah seperti keracunan 2018 terhadap mantan mata-mata Rusia di Salisbury. Mereka telah mencapai rekor terendah sejak serangan Moskow di Ukraina.

Inggris adalah salah satu pendukung setia Kyiv dan Rusia menganggapnya sebagai salah satu negara Barat yang paling tidak bersahabat.

Liz Truss mengunjungi Rusia sebagai Menteri Luar Negeri pada Februari, hanya dua minggu sebelum Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina. Dalam pertemuan tegang dengan mitra Sergei Lavrov, ia bingung dua wilayah Rusia dengan wilayah Ukraina.

KEYWORD :

Konfli Rusia dan Inggris Liz Truss




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :