Sabtu, 27/04/2024 17:30 WIB

Demo Mabes Polri, FPI Desak Kapolri Copot Kapolda Jabar

Ribuan Ormas FPI menggelar aksi damai di depan Mabes Polri menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan.

Ilustrasi Demo FPI

Jakarta - Ribuan Ormas Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menggelar aksi damai di depan Mabes Polri, Kabayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/1).

Aksi tersebut akan dipimpin langsung Imam Besar FPI Habib Riziq Shibah didampingi Panglima Laskar FPI Munarman. Aksi damai tersebut menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan dari jabatannya.

Sebab, Anton dinilai telah melakukan pembiaran yang mengakibatkan terjadinya insiden penyerangan dan penganiayaan terhadap massa Ormas FPI oleh massa ormas LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), beberapa waktu lalu.

Selain itu, mereka juga menuntut agar pihak Mabes Polri mencari dan menangkap aktor intelektual dan pelaku lapangan terhadap penyerangan dan penganiayaan massa FPI oleh massa LSM GMBI.

"Kami berharap dapat bertemu Kapolri dan mendengarkan aspirasi dengan mencopot Kapolda yang terlibat dalam aksi premanisme," tegas Sekjen DPD FPI, Novel Bamukmin kepada wartawan.

Rencananya, massa gabungan dari Jabodetabek, Jawa Barat (Jabar) dan Banten itu akan memulai aksi dari titik kumpul Lapangan Masjid Al-Azhar, Jl. Sisinga Mangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"estimasi jumlah massa 5.000 bahkan lebih. Selesai shalat Dhuha berjamaah di Masjid Al-Azhar, kita akan long march ke Mabes Polri," terangnya.

KEYWORD :

Demo FPI Habib Rizieq Mabes Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :