Jum'at, 26/04/2024 07:26 WIB

Soal Kesiapan Sandiaga Uno Nyapres, Dasco: Kami Tak Bisa Melarang

Ya kami kan nggak bisa melarang kalau hak-hak politik seseorang mau maju, tapi kan kemudian nanti ada aturan dan etik-etika yang bersih, gitu.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad melantik Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Gerindra dan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra kabupaten/kota se-Sulut. (Foto: dok. Ist

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyoroti pernyataan menteri pariwisata ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang menyatakan kesiapannya untuk didukung sebagai calon Presiden (capres) 2024.

Dasco menilai pernyataan Sandiaga yang juga kader Partai Gerindra itu merupakan langkah penjajakan dengan parpol lain dalam rangka menyambut Pemilu 2024 mendatang.

"Kan begini, bahwa kemudian soal pencapresan itu, itu kan hak yang dilindungi atau kemudian hak yang diberikan oleh konstitusi sepanjang memenuhi persyaratan-persyaratan sesuai dengan UU pemilu tentunya," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/8).

"Nah bahwa kemudian itu dicalonkan atau bersilaturahmi dengan partai lain, saya pikir soal penjajakan-penjajakan itu ya mungkin karena Pak Sandi pengin coba menjajaki. Dan karena dia sudah siap tentunya nantinya akan ada langkah politik yang diambil oleh Pak Sandi, itu Pak Sandi yang tahu," sambungnya.

Terlepas dari itu, Dasco menegaskan bahwa Gerindra tak dapat melarang para kadernya untuk menjalankan hak politik mereka, termasuk Sandiaga Uno. Namun, dia mengingatkan adanya aturan dan etika bagi kader yang hendak maju capres di pilpres selanjutnya.

"Ya kami kan nggak bisa melarang kalau hak-hak politik seseorang mau maju, tapi kan kemudian nanti ada aturan dan etik-etika yang bersih, gitu," katanya.

Wakil Ketua DPR RI ini meyakini bahwa Sandiaga Uno sadar betul dengan pernyataannya. Dia juga pasti sadar dengan batas dan etika dalam partai.

"Begini begini, kalau pernyataan pribadi ya silakan. Itu kan nanti tentunya langkah-langkah politik yang akan diambil seorang yang mau nyapres. Dia yang akan lebih tahu bagaimana-bagaimananya," katanya.

"Bahwa kami kan tidak dalam posisi melarang tapi kan sebagai seorang yang aktif berpolitik tentunya yang bersangkutan tahu batas-batas dan etika ketika kemudian mau maju menjadi capres, apalagi dari partai lain, kan begitu," imbuhnya.

Meski demikian, Dasco menegaskan penentuan capres yang bakal diusung Gerindra sudah final. Gerindra sudah mendeklarasikan Ketua Umum Prabowo Subianto untuk diusung sebagai capres di Pilpres 2024.

"Oh jelas kalau di Gerindra sudah final bahwa calon presiden adalah Pak Prabowo. Kan sudah diketok," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga Uno menyatakan kesiapannya maju dalam bursa capres Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Sandiaga saat bertemu dengan sejumlah tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kesiapan itu terlontar saat Sandiaga ditanya kesiapan maju dalam bursa capres Pemilu 2024. Sandi mengaku siap. Namun, untuk kriteria pasangan, Sandiaga menyerahkan kepada partai politik pengusungnya.

"(Soal pasangan) saya serahkan kepada parpol. Saya ini, pengalaman sebelumnya, parpol-lah yang akan menentukan pilihannya. Dan politik Indonesia semakin dewasa, semakin bijaksana," ujarnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad Gerindra Menparekraf Sandiaga Uno Pemilu 2024 capres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :