Jum'at, 03/05/2024 06:14 WIB

Biden Tunjuk Pejabat FEMA dan CDC Tangani Cacar Monyet

Biden tunjuk pejabat FEMA dan CDC tangani cacar monyet.

Presiden AS Joe Biden terlihat setelah memberikan sambutan di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Mei 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menunjuk pejabat tinggi dari Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk mengoordinasikan tanggapan pemerintah terhadap cacar monyet di Amerika Serikat (AS).

Penunjukan itu dilakukan ketika AS bertujuan untuk meningkatkan upaya vaksinasi untuk memperlambat penyebaran wabah cacar monyet yang telah menginfeksi lebih dari 5.800 orang Amerika.

Biden menunjuk Robert Fenton sebagai koordinator Gedung Putih untuk mengepalai penanggulangan cacar monyet dan Demetre Daskalakis sebagai wakil koordinator.

Fenton adalah administrator regional di FEMA yang membantu memimpin upaya vaksinasi massal untuk COVID-19 pada Februari 2021. Daskalakis menjabat sebagai direktur divisi pencegahan HIV CDC.

"Keduanya akan berkoordinasi dalam strategi dan operasi untuk memerangi wabah cacar monyet saat ini, termasuk meningkatkan ketersediaan tes, vaksinasi, dan perawatan secara adil," kata Gedung Putih.

Kasus cacar monyet pertama di AS dikonfirmasi di Massachusetts pada 20 Mei, dengan kasus pertama di California, pada seseorang yang bepergian ke luar negeri, dikonfirmasi lima hari kemudian.

Cacar monyet, yang menyebar melalui kontak fisik yang dekat, cenderung menyebabkan gejala seperti flu dan lesi kulit berisi nanah, meskipun jarang berakibat fatal.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Joe Biden Amerika Serikat Penanggulangan Cacar Monyet Demetre Daskalakis Robert Fenton




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :