Jum'at, 26/04/2024 05:52 WIB

Eropa Tunggu Aliran Gas Nord Stream 1

Eropa tunggu aliran gas Nord Stream 1

Pipa di fasilitas pendaratan pipa gas Nord Stream 1 di Lubmin, Jerman, 8 Maret 2022. Foto: Reuters

JAKARTA, Jurnas.com - Sudah dihantam oleh gelombang panas yang memecahkan rekor dan inflasi yang melonjak, Eropa mungkin segera menghadapi krisis energi yang berbahaya.

Uni Eropa pada Rabu (20/7) mendesak 27 negara anggotanya untuk mengurangi penggunaan gas sebesar 15 persen dari Agustus hingga Maret tahun depan, karena kekhawatiran meningkat bahwa Rusia dapat memutus aliran gas ke wilayah tersebut.

"Pasar gas Eropa telah mengalami kebingungan dan kekhawatiran selama berbulan-bulan karena pasokan gas Rusia berfluktuasi," kata Kaushal Ramesh, analis gas senior di Rystad Energy, kepada Al Jazeera. "Banyak dari ini di luar kendali Eropa."

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengindikasikan, pengiriman gas melalui pipa Nord Stream 1 akan dimulai kembali segera setelah pemeliharaan selesai, tetapi juga memperingatka aliran mungkin dibatasi kecuali perselisihan mengenai suku cadang yang dikenai sanksi diselesaikan.

Lebih dari sepertiga pengiriman gas Rusia ke Uni Eropa melalui pipa Nord Stream 1. Telah ditutup sejak 11 Juli untuk pemeliharaan tahunan; pengiriman diperkirakan akan dilanjutkan pada Kamis (21/7).

"Harapan umum adalah bahwa aliran melalui Nord Stream besok akan mencapai kapasitas maksimum 67 juta meter kubik, tetapi ini mungkin turun menjadi 30 juta di hari-hari mendatang karena turbin kedua sekarang membutuhkan perawatan," jelas Ramesh dari Rystad.

Konflik di Ukraina telah menyebabkan gangguan pasokan, dan diperkirakan akan terus berdampak pada aliran energi.

Negara-negara Eropa mengalami kesulitan mengisi kembali cadangan gas mereka menjelang bulan-bulan musim dingin. Gas alam sangat penting memanaskan rumah dan pabrik listrik, dan krisis energi selanjutnya dapat mengancam pemulihan ekonomi Eropa yang goyah dari penurunan akibat pandemi.

Negara-negara Uni Eropa sekarang akan mempertimbangkan rencana penjatahan yang diajukan oleh Komisi Eropa. Menurut proposal tersebut, negara-negara anggota blok tersebut harus mengurangi penggunaan gas mereka sebesar 15 persen dari tingkat rata-rata mereka selama bulan yang sama antara 2016 dan 2021.

Para menteri akan membahas tindakan tersebut pada Jumat untuk meratifikasinya pada minggu berikutnya.

Gazprom Rusia mengurangi pengiriman gas melalui pipa Nord Stream 1 menjadi 40 persen dari kapasitas bulan lalu. Rusia mengatakan pemotongan itu dikaitkan dengan penundaan pengembalian turbin yang diservis di Kanada.

Minggu ini, dilaporkan bahwa bagian tersebut, yang telah terkena sanksi Uni Eropa dan Kanada terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, telah kembali.

Tetapi pada hari Rabu Gazprom mengatakan belum menerima dokumen resmi yang diperlukan untuk memasang kembali mesin turbin dan menekankan , pemeliharaan dan pengembalian peralatan "memiliki pengaruh langsung pada keselamatan operasional pipa gas Nord Stream".

"Memulai kembali aliran gas memberi Rusia peluang unik untuk mencari konsesi. Kita mungkin melihat Rusia berusaha membatasi aliran senjata ke Ukraina, atau sesuatu yang terkait," kata Jim Krane, seorang analis energi di Rice University di Houston, Texas, kepada Al Jazeera.

"Penutupan akan melanggar persyaratan kontrak dan menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kontrak energi Rusia memerlukan kesetiaan politik, bukan hanya kepatuhan hukum," tambahnya.

Dalam pernyataan sebelumnya, Putin mengklaim bahwa salah satu dari lima unit pompa gas yang dioperasikan oleh Siemens Energy di Nord Stream 1 tidak dapat dioperasikan dan yang kedua dijadwalkan akan diangkut untuk pemeliharaan pada 26 Juli.

Ia juga mengatakan bahwa jika komponen pipa tidak dikembalikan ke Rusia karena sanksi, link hanya akan beroperasi pada 20 persen dari potensinya pada awal minggu depan karena bagian lain yang saat ini di Rusia perlu diperbaiki.

"Jika yang lain datang, dua akan beroperasi. Jika tidak, hanya satu, jadi 30 juta meter kubik akan dipompa per hari," katanya kepada wartawan Selasa malam di Iran setelah pembicaraan dengan pemimpin negara itu.

Putin juga mengklaim bahwa Gazprom, yang memonopoli ekspor gas pipa Rusia, tidak dapat disalahkan atas penurunan jumlah gas yang dapat diangkut ke Eropa.

Ia menyalahkan Kyiv karena menutup satu rute melalui Ukraina tetapi pihak berwenang Ukraina mengklaim penutupan itu karena invasi Rusia.

Negara-negara Eropa berebut untuk mendapatkan pasokan energi alternatif jauh sebelum Rusia menginvasi Ukraina karena permintaan bahan bakar melonjak ketika ekonomi dibuka setelah dihantam oleh pandemi.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Uni Eropa Gas Rusia Ukraina Vladimir Putin Nord Stream 1




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :