Jum'at, 26/04/2024 14:15 WIB

Sri Mulyani "Pede" Ekonomi Indonesia Tumbuh hingga 5,5 Persen

Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati optimistis outlook pemulihan ekonomi Indonesia akan terus merangkak positif pada tahun ini. Dua motor ekonomi diandalkan untuk mengakselerasi laju ekonomi.

Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 juga diperkirakan masih dalam kisaran 4,9 persen-5,4 persen. Hal itu dikatakannya dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) dan Gubernur Bank Indonesia.

Outlook dari pemulihan ekonomi d 2022 sampai dengan semester dua masih diperkirakan menguat yaitu, antara 4,9 persen hingga 5,5 persen. Tentu ini didukung oleh pertama konsumsi masyarakat yang akan terus pulih,” ujar Sri Mulyani, Jumat 1 Juli 2022.

Namun dari hal tersebut, Sri Mulyani menyebutkan harus dilihat secara hati-hati. Karena kecenderungan inflasi akan menggerus dukungan dari pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Juga dari sisi investasi juga kemungkinan akan bisa tergerus kalau inflasi dan kemudian menyebabkan suku bunga naik kemudian juga bisa menyebabkan penurunan investasi,” jelasnya. “Ini lah yang menjadi fokus bagi pemerintah untuk terus mengawal pemulihan ekonomi tentu dengan kualitas yang terus baik,” paparnya.

Selain itu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pada pemulihan ekonomi tidak hanya sekadar mengembalikan pertumbuhan. Tetapi juga menciptakan kesempatan kerja baru dan mengurangi kemiskinan.

“Ini terlihat dalam indikator kita bahwa kesempatan kerja tercipta dengan pemulihan ekonomi. Sehingga pengangguran kita mulai menurun lagi sesudah sempat naik di 6,26 persen sekarang sudah turun di 5,83 persen,” terangnya.

Kemudian, untuk kemiskinan jelasnya juga ikut menurun dari yang sebelumnya melonjak di 10,2 persen menjadi 9,7 persen. Dengan itu Sri Mulyani mengatakan Pemerintah akan terus berupaya menurunkan pada level yang lebih rendah lagi.

KEYWORD :

Sri Mulyani Outlook pemulihan ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :