Kamis, 16/05/2024 00:21 WIB

Rektor Uhamka: Generasi Z Berperan Penting di Masa Depan

Rektor Uhamka: Generasi Z Berperan Penting di Masa Depan

Wisuda Uhamka di JCC Jakarta (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka), Gunawan Suryoputro mengatakan, Indonesia saat ini sedang menjajaki periode bonus demografi.

Di masa ini, Indonesia dikuasai oleh Gen Z, generasi yang diperkirakan akan menjadi roda penggerak yang memiliki peran penting dalam kemajuan Indonesia di masa kini dan masa depan.

"Menurut Sensus 2020, komposisi penduduk Indonesia saat ini menunjukkan Indonesia akan dikuasai oleh Gen Z. Mereka lah yang akan berperan penting dalam menggerakkan dan mengembangkan Indonesia ke arah yang lebih baik di masa kini maupun masa depan," ujar Prof Gunawan dalam kegiatan wisuda magister, sarjana, dan ahli madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 di JCC Jakarta pada Selasa (28/6).

Kebahagiaan peserta wisuda terasa begitu lengkap dengan adanya informasi bahwa Uhamka meraih Akreditasi UNGGUL yang merupakan akreditasi terbaik dari yang lainnya.

Gunawan melanjutkan, Generasi Z mampu mengungkapkan keinginannya untuk mencetuskan hal kebaharuan. Namun, generasi ini belum bisa mengendalikan diri dalam menghadapi tantangan dan resiko yang akan ditemukan di lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu, lanjut Gunawan, Uhamka hadir sebagai kampus profetik yang unggul di era digital. Peta jalan Uhamka telah ditetapkan menjadi jawaban dan solusi untuk generasi-generasi muda dunia dan Indonesia kedepan untuk menghadapi bonus demografi tahun 2045. Uhamka berfokus dalam segala aspek yang penting dalam kehidupan.

"Generasi muda tidak hanya harus siap dari segi intelektual, tapi perlu dilengkapi dengan spiritual dan emosional serta memiliki karateristik kepemimpinan Rasulullah, Tu’ Minu Billah dan Amar Ma’ruf. Uhamka tumbuh menjadi kampus yang tidak hanya fokus kepada akademik saja, tapi ada adab atau akhlak yang menjadi fondasi bagi mahasiswa kami, menjadi dinding pengikat, dan menjadi pembeda dengan lulusan kampus lain," tutup Gunawan.

Kegiatan wisuda ini juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat Muhamamadiyah, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Jainuri, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Paristiyanti Nurwardani, Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, 1.024 peserta wisuda Uhamka, dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual.

KEYWORD :

Generasi Z Uhamka Gunawan Suryoputro Wisuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :