Senin, 06/05/2024 06:41 WIB

Rusia Blacklist 43 Warga Kanada

Larangan itu merupakan tanggapan atas sanksi yang dijatuhkan Ottawa atas serangan Moskow di Ukraina.

File foto bendera Rusia. (Foto: iStock/Derek Brumby)

JAKARTA, Jurnas.com - Otoritas Rusia pada Senin (27/6) melarang 43 orang Kanada lagi memasuki wilayahnya. Larangan itu merupakan tanggapan atas sanksi yang dijatuhkan Ottawa atas serangan Moskow di Ukraina.

Daftar hitam baru yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia termasuk Suzanne Cowan, pemimpin Partai Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau, dan Mark Carney, mantan gubernur bank sentral Kanada, dan Inggris.

Pegawai negeri sipil senior, penasihat politik, dan anggota masyarakat sipil juga masuk dalam daftar hitam tersebut.

Dikatakan bahwa larangan baru tersebut sebagai pembalasan atas sanksi baru Kanada pada Mei yang menyasar kepala perusahaan Rusia dan anggota keluarga mereka.

Sejak awal invasinya di Ukraina, negeri yang dijuluki Beruang Merah itu telah melarang lebih dari 700 warga Kanada, termasuk yang diumumkan pada Senin, memasuki wilayahnya.

Pada Mei, Kremlin menutup kantor penyiar publik nasional Kanada CBC/Radio-Canada di Moskow dan membatalkan visa jurnalis dan izin akreditasinya. Langkah itu sebagai pembalasan atas keputusan Kanada pada Maret melarang saluran media pemerintah Rusia, RT.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Rusia Kanada Ukraina Larangan Warga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :