Sabtu, 27/04/2024 07:22 WIB

Bahas Skema Pengadaan Alutsista, Erick Thohir Sambangi Prabowo

Bahas skema pengadaan alutsista, Erick Thohir sambangi Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir Sambangi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Humas Kementerian BUMN)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir menyoroti ekosistem industri pertahanan dalam negeri. Salah satunya terkait skema pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista).

Belum lama ini Erick menyambagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kantornya. Keduanya membahas skema pembelian alutsista yang harus dikaitkan dengan pembangunan industri pertahanan Indonesia.

"Nah jadi ke depan yang namanya pembelian alutsista itu harus dikaitkan dengan pembangunan industri pertahanan Indonesia secara menyeluruh. Tidak hanya membeli tapi bagaimana merawat dan yang namanya ahli teknologi harus terjadi," ujar Erick kepada wartawan dikutip, Selasa (21/6/2022).

Erick menambahkan, penguatan ekosistem industri pertahanan Tanah Air harus dibarengi kerja sama dengan negara lain. Hal ini pun menjadi poin pertemuannya dengan Prabowo. "Salah satu kerja sama sedang didiskusikan bagaimana industri pertahanan kita dengan negara sahabat yang ada di luar negeri untuk membangun industri kita secara menyeluruh," kata dia.

Kementerian BUMN telah menetapkan PT Len Industri (Persero) sebagai Induk Holding BUMN Pertahanan atau Defence Industry Indonesia (Defend ID). Alasan penunjukan Len sebagai induk holding didasarkan pada pertimbangan jaringan bisnis perusahaan yang mencakup seluruh bidang pertahanan.

Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin mengatakan, pihaknya mampu mengintegrasikan teknologi antar sektor dan memiliki kapabilitas di bidang command, control, communication, computer, cyber, intelligence, surveillance, and reconnaissance (C5ISR) sebagai interoperability dan brain system untuk semua platform berbasis elektronika.

Alasan lainnya lantaran posisi Len yang strategis dan tidak condong pada satu matra, melainkan mampu mengakomodir dan mengintegrasikan ketiga matra, yaitu darat, laut, dan udara. Selain itu, Len juga dinilai telah berpengalaman sebagai induk dalam mengelola empat anak perusahaannya.

“Pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan akan memberikan manfaat tidak hanya bagi anggota holding dan pemerintah, tapi juga para pemangku kepentingan lainnya serta ekosistem pertahanan secara keseluruhan,” ucap Bobby

 

KEYWORD :

Menteri BUMN Erick Thohir Menhan Prabowo Subianto alutsista Industri Pertahanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :