Jum'at, 26/04/2024 06:58 WIB

Zelenskyy Perkirakan Rusia akan Tingkatkan Serangan Jelang KTT Uni Eropa

Seorang wanita berdiri di samping sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan di pasar lokal selama konflik Ukraina-Rusia di Donetsk, Ukraina 19 Juni 2022. Reuters/Alexander Ermochenko

JAKARTA, Jurnas.com - Ukrain mengakui kesulitan dalam pertempuran di timur negara itu ketika pasukan Rusia merebut wilayah di sepanjang sungai garis depan dan meningkatkan tekanan pada dua kota utama menjelang pertemuan puncak Uni Eropa yang diharapkan menyambut tawaran Kyiv untuk bergabung dengan blok tersebut.

Gubernur wilayah Luhansk, tempat serangan Rusia terberat dalam beberapa pekan terakhir, mengatakan situasinya sangat sulit di seluruh garis depan di sana pada Senin malam dan tentara Rusia telah mengumpulkan cadangan yang cukup untuk memulai serangan skala besar.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy telah memperkirakan Moskow akan meningkatkan serangan menjelang KTT Uni Eropa pada Kamis dan Jumat (24/6).

Dalam pidato malamnya yang biasa kepada negara pada Senin, ia menantang, sementara juga mengacu pada pertempuran "sulit" di Luhansk untuk Sievierodonetsk dan kota saudaranya Lysychansk.

"Kami membela Lysychansk, Sievierodonetsk, seluruh area ini, yang paling sulit. Kami memiliki pertempuran paling sulit di sana. Tapi kami memiliki pria dan wanita kuat di sana," katanya.

"Para penjajah menerima tanggapan atas tindakan mereka terhadap kami," tambahnya.

Juga berbicara di televisi nasional, Gubernur Luhansk., Serhiy Gaidai mengatakan pasukan Rusia menguasai sebagian besar Sievierodonetsk, selain dari pabrik kimia Azot, tempat ratusan warga sipil berlindung selama berminggu-minggu, dan jalan yang menghubungkan Sievierodonetsk dan kota saudaranya Lysychansk ke kota Bakhmut berada di bawah api shell konstan.

"Lysychansk telah menderita dari penembakan besar-besaran Rusia sepanjang hari. Tidak mungkin untuk menetapkan jumlah korban sampai sekarang," katanya.

Ia menambahkan bahwa penembakan itu mungkin yang terberat yang pernah dialami kota itu. Meski begitu, Rusia belum menyelesaikan pengepungan pasukan Ukraina, yang menimbulkan kerugian signifikan pada mereka.

Proksi separatis Moskow mengklaim telah merebut Toshkivka, sebuah kota di tepi barat sungai Siverskyi Donets yang sebagian besar dikuasai Ukraina, selatan Sievierodonetsk.

Ia sebelumnya mengakui serangan Rusia di Toshkivka memiliki tingkat keberhasilan dan mengatakan pasukan Rusia juga mencari pijakan di dekat Ustinovka, sebuah desa lebih jauh ke utara di sepanjang sungai. Mereka membawa sejumlah besar alat berat ke sana, termasuk tank, katanya.

Gaidai membenarkan klaim Rusia telah merebut Metyolkine.

Persetujuan oleh para pemimpin Uni Eropa agar Ukraina menjadi kandidat resmi untuk bergabung dengan blok itu akan ditandai sebagai kemenangan di Kyiv, yang mengajukan keanggotaan hanya empat hari setelah invasi Rusia pada 24 Februari.

Keanggotaan akan memakan waktu bertahun-tahun untuk dicapai, tetapi bagi UE untuk mencapai jauh ke dalam jantung bekas Uni Soviet akan membawa salah satu transformasi ekonomi dan sosial terbesar di Eropa sejak Perang Dingin.

"Saya pikir itu sangat mungkin terjadi," kata Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden kepada wartawan ketika ditanya pada hari Senin apakah dia merasa Ukraina akan menjadi anggota Uni Eropa.

KEYWORD :

KTT Uni Eropa Serangan Rusia Ukraina Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :