Sabtu, 27/04/2024 06:09 WIB

Rusia Hancurkan Gudang Sistem Rudal yang Dipasok AS dan UE di Ukraina

Rusia hancurkan gudang sistem rudal yang dipasok AS dan UE di Ukraina.

Pengambilan bingkai 5 Oktober 2017 oleh Kementerian Pertahanan Rusia ini menunjukkan rudal jelajah jarak jauh Kalibr yang diluncurkan oleh kapal selam Rusia di Mediterania. (AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan gudang yang penuh dengan sistem rudal antitank dan antipesawat yang disediakan ke Ukraina oleh Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, angkatan udara Rusia menggunakan rudal jelajah Kalibr dalam serangan yang menghancurkan gudang senjata besar yang terletak di wilayah Ternopil.

"Rudal berbasis laut jarak jauh Kalibr presisi tinggi di daerah pemukiman Chortkiv, wilayah Ternopil, menghancurkan gudang besar sistem rudal anti-tank yang dipasok ke rezim Kyiv dari AS dan negara-negara Eropa, antisistem rudal pesawat dan peluru artileri untuk sistem senjata," tambah Konashenkov.

Sejak awal perang ketika Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, AS dan sekutu Eropanya telah memasok Kyiv dengan sistem senjata dan peralatan militer senilai ratusan juta dolar termasuk drone, artileri berat, rudal anti-pesawat dan anti-tank. .

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan AS bahwa Moskow akan menyerang target baru jika Barat memasok rudal jarak jauh ke Ukraina untuk digunakan dalam Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS).

Washington mengatakan pihaknya menerima jaminan dari Kyiv bahwa rudal jarak jauh tidak akan digunakan untuk menyerang sasaran di Rusia.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Rusia Gudang Sistem Rudal Amerika Serikat Uni Eropa Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :