Jum'at, 26/04/2024 11:47 WIB

Eks Tentara Inggris Tewas saat Bantu Pasukan Ukraina Lawan Rusia

Eks tentara Inggris tewas saat bantu pasukan Ukraina lawan Rusia.

Asap mengepul setelah serangan militer di kompleks Pabrik Kimia Azot Sievierodonetsk, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di kota Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, pada 10 Juni 2022. (Foto: Reuters/Oleksandr Ratushniak)

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang mantan tentara Inggris, Jordan Gatley tewas dalam pertempuran untuk Ukraina di kota Sievierodonetsk. Pejabat Ukraina memujinya sebagai pahlawan sejati.

Dikutip dari Reuters, Gatley meninggalkan Angkatan Darat Inggris pada bulan Maret. Ia lalu memutuskan pergi ke Ukraina untuk membantu memerangi invasi Rusia.

Pihak keluarga mengatakan menerima kabar Gatley telah meninggal pada Jumat (12/6). Ia tewas ditembak pasukan Rusia.

"Ia (Gatley) mencintai pekerjaannya dan kami sangat bangga padanya," kata keluarganya dalam sebuah unggahan di media sosial Facebook. "Ia benar-benar pahlawan dan akan selamanya ada di hati kita."

Penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak memberi penghormatan kepada Gatley, dengan mengatakan butuh banyak keberanian untuk melakukan perjalanan jauh dari rumah untuk membela keyakinan.

"Hanya karena hati berkata begitu. Karena Anda tidak tahan dengan kejahatan. Jordan Gatley adalah pahlawan sejati. Kami akan selalu mengingat kontribusinya untuk melindungi Ukraina dan dunia bebas," tulis Podolyak dalam postingan Twitternya.

Kantor Luar Negeri Inggris juga menyampaikan belasungkawa. "Kami mendukung keluarga seorang pria Inggris yang telah meninggal di Ukraina," kata penyataan tersebut.

KEYWORD :

Tentara Inggris Tewas Ukraina Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :