Kamis, 16/05/2024 04:09 WIB

Jelang Idul Adha, Legislator PKB Minta Kementan Gerak Cepat Atasi Penyakit Hewan Ternak

Menurut Daniel, sangat penting untuk tidak membuat polemik untuk beberapa pihak seperti masyarakat, peternak rakyat, dan sektor usaha mikro kecil dan menegah (UMKM).

Anggota Komisi IV DPR RI dari Politisi PKB, Daniel Johan. (Foto: Dok. Antara News)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VI DPR Daniel Johan menyebut Kementerian Pertanian (Kementan) masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang harus diatasi dalam rangka menyambut Idul Adha. Salah satunya yakni antisipasi penyebaran penyakit ternak jelang Hari Raya Idul Adha.

"Segera persoalan penyakit mulut dan kuku pada ternak diatasi," kata dia kepada wartawan, Selasa (7/6).

Menurut Daniel, sangat penting untuk tidak membuat polemik untuk beberapa pihak seperti masyarakat, peternak rakyat, dan sektor usaha mikro kecil dan menegah (UMKM).

Di sisi lain, Politikus PKB ini menyebutkan, sampai saat ini belum ada perkembangan yang progresif terkait mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya, sebelum virus pada kuku dan mulut hewan ternak menyebar perlu segera diatasi supaya Hari Raya Idul Adha dapat berjalan lancar.

"Jadi saya rasa perlu tindakan cepat dari pemerintah dalam hal ini Kementan," ucapnya.

Selain permasalahan pada hewan ternak, Daniel menuturkan, harga daging juga harus terus dipantau karena rawan terjadi lonjakan harga. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah untuk seluruh pihak supaya pasokan saat Idul Adha aman.

"Bahan pokok yang lain juga perlu untuk diseimbangkan antara supply dan demand jangan sampai jelang Lebaran Idul Adha pasokan berkurang," tuturnya.

Menutup pernyataannya, Daniel menyebut bila Komisi IV DPR RI akan terus mengawal terkait persiapan Idul Adha bersama pihak terkait. Selain itu, evaluasi dari ketersediaan pasokan bahan pokok pada hari hari besar harus jadi refleksi bagi semua pihak terkait.

"Kami di Komisi IV DPR akan terus memantau perihal ini," tutupnya.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV Daniel Johan PKB Kementan hewan ternak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :