Jum'at, 03/05/2024 04:58 WIB

Kemenpora Gelar Pelatihan Tenaga Pendamping Bagi Pemuda Berkebutuhan Khusus

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada penyandang difabel.

Pelatihan Tenaga Pendamping Bagi Pemuda Berkebutuhan Khusus Kader Tingkat Nasional Tahun 2022 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa(24/5) di Swis Bellhotel Makassar. (Foto: kemenpora.go.id)

Makassar, Jurnas.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Pelatihan Tenaga Pendamping Bagi Pemuda Berkebutuhan Khusus Kader Tingkat Nasional Tahun 2022 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa(24/5) di Swis Bellhotel Makassar. 

Acara yang diikuti 50 peserta difabel di wilayah Makassar ini dibuka oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah. "Kegiatan ini memberikan pengakuan dan hak yang sama kaum difabel untuk merasakan manfaat dari program pelatihan yang di gelar pemerintah melalui unit-unit terkecil yang ada di setiap Kementerian/Lembaga terkait yang membidangi atau amsuk dalam programnya," ujar Faisal Abdullah.

Menurutnya, kegiatan ini digelar sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada penyandang difabel. Karena, lanjutnya, tiap warga negara apapun kondisinya memiliki hak dan kewajiban yang sama, tanpa ada pengecualian atau diskriminasi, kedudukan atau kesetaraan.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, keberadaan penyandang difabel sebagai bagian yang tak terpisahkan dari warga negara dan masyarakat Indonesia. 

"Karena itu, Kemenpora RI sebagai lembaga pemerintah yang bertanggungjawab atas penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan kepemudaan nasional khususnya pemuda berkebutuhan khusus," jelasnya.

Adapun targetnya terciptanya penerima manfaat kegiatan Pelatihan Tenaga Pendamping Pemuda Berkebutuhan Khusus Kader Tingkat Nasional adalah 100 (seratus) orang tenaga pendamping bagi pemuda berkebutuhan khusus dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam kegiatan  Walikota Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Ammar Ahmad, Direktur Pascasarjana PTIQ Jakarta Darwis Hude, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat, Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tavip Agus Rayanto, 

Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tavip Agus Rayanto, Komisioner Komisi Nasional Disabilitas Indonesia Jonna Aman Damanik, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Nora Kartika Setyaningrum, TIM Automatic Skills Analysis (ASA) System, serta Pejabat dan Jajaran Staf internal Asdep TSDP. 

KEYWORD :

Kemenpora Faisal Abdullah Pelatihan Difabel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :