Sabtu, 27/04/2024 03:42 WIB

AS Masukkan Manajer Keuangan Putin dan Pejabat Senior ke Daftar Hitam

AS masukkan manajer keuangan Putin dan pejabat senior ke daftar hitam

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) memasukkan manajer keuangan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan perusahaan Monaco yang menyediakan kapal pesiar mewah untuk elit Moskow dalam daftar hitam sebagai sanksi atas invasi Rusia terhadap Ukraina.

AS memasukkan Sergei Roldugin, yang dijuluki "perantara Putin", dalam daftar hitam beserta istri penyanyi opera Elena Mirtova, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova dan beberapa kapal pesiar besar di mana Putin diduga memiliki kepentingan.

Sanksi juga termasuk beberapa pejabat senior pemerintah dan pengusaha kuat, serta pesawat dan kapal pesiar mewah yang diikatkan ke Andrei Kostin, kepala eksekutif VTB Bank, salah satu yang terbesar di negara itu.

Sementara itu, Departemen Perdagangan AS menempatkan sekitar 70 perusahaan Rusia dalam daftar yang menghalangi mereka untuk mendapatkan teknologi dan barang penting AS.

"Sanksi tersebut dirancang untuk menurunkan jaringan utama yang digunakan oleh elit Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, untuk mencoba menyembunyikan dan memindahkan uang dan secara anonim menggunakan aset mewah di seluruh dunia," kata Departemen Keuangan AS.

Gedung Putih mengatakan tindakan itu dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan terhadap Moskow lebih dari tiga bulan setelah menginvasi Ukraina.

"AS bersama lebih dari 30 mitra di seluruh dunia, telah memberlakukan sanksi dan kontrol ekspor yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meminta pertanggungjawaban Presiden Putin atas perangnya melawan Ukraina, membatasi akses Rusia ke teknologi penting yang diperlukan untuk mendanai mesin perangnya, dan mengubah Rusia menjadi paria keuangan global," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Departemen Keuangan menyatakan empat kapal pesiar mewah yang terkait dengan Putin akan dijadikan sebagai "properti yang diblokir" atau dapat disita.

Selain itu, mereka membidik Imperial Yachts, yang berbasis di Monaco dan mengoperasikan kantor Moskow yang melayani para taipan Rusia, dan pemiliknya Evgeniy Kochman.

Imperial keduanya menyewakan kapal pesiar ke elit Rusia dan mengelola kapal pesiar yang dimiliki oleh oligarki Rusia, kata Departemen Keuangan.

Sanksi terhadap Imperial termasuk menempatkan blok di kapal pesiar terbesarnya, "Flying Fox" berusia tiga tahun, setinggi 136 meter, yang digerebek oleh pihak berwenang di Republik Dominika pada 1 April atas permintaan AS sebagai bagian dari penyelidikan pada dugaan pencucian uang dan perdagangan senjata.

Roldugin dan istrinya masuk daftar hitam oleh AS untuk pertama kalinya, setelah dimasukkan dalam daftar sanksi Eropa pada Februari.

Ia lebih dikenal sebagai pemain cello dan direktur artistik St Petersburg Music House, dan telah menjadi teman Putin selama lebih dari empat dekade. Roldugin adalah ayah baptis dari salah satu putri presiden Rusia.

Tetapi Departemen Keuangan mengatakan dia adalah tokoh kunci dalam mengelola kekayaan pribadi Putin di luar negeri.

"Elit Rusia, hingga dan termasuk Presiden Putin, bergantung pada jaringan pendukung yang kompleks untuk menyembunyikan, memindahkan, dan mempertahankan kekayaan dan aset mewah mereka," kata Wakil Menteri Keuangan Brian Nelson.

"Tindakan hari ini menunjukkan bahwa Departemen Keuangan dapat dan akan mengejar mereka yang bertanggung jawab untuk melindungi dan mempertahankan kepentingan yang tidak sah ini," kata Nelson.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Amerika Serikat Rusia Sergei RolduginVladimir Putin Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :