Sabtu, 27/04/2024 02:30 WIB

Nadiem: Kebijakan Merdeka Belajar Berpihak pada Guru

Nadiem: Kebijakan Merdeka Belajar Berpihak pada Guru

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menekankan bahwa, kebijakan Merdeka Belajar berpihak dan berfokus pada guru.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan halal bi halal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada Sabtu (21/5) kemarin, melalui sambutan video.

"Sampai hari ini kita sudah meluncurkan 19 episode Merdeka Belajar yang banyak di antaranya berpihak dan berfokus pada guru," kata Nadiem.

Mendikbudristek menyontohkan, episode pertama Merdeka Belajar berisi penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang selama ini dinilai terlalu tebal dan rumit, menjadi cukup satu halaman.

"Kemudian ada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang jadi program favorit para guru. PGP tahun ini angkata ke-7 kuotanya naik dari 8 ribu menjadi 20 ribu," imbuh Nadiem.

Adapun terobosan terbaru tahun ini, lanjut Nadiem, yakni platform digital pertama di Indonesia yang dikhususkan bagi guru, yakni platform Merdeka Mengajar. Aplikasi ini membantu guru mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan gitur mengajar, belajar, dan berkarya.

"Ada tiga manfaat dari platform ini, pertama menyediakan ribuan referensi mengajar dan fitur untuk asesmen diagnostik literasi dan numerasi murid. Kedua, guru bisa mengakses materi pelatihan video inspiratif yang dibuat dan dibagikan oleh guru lain. Ketiga, guru didorong membangun portofolio untuk mengasah kreativitas dan menginspirasi guru lain," terang Nadiem.

Pada akhirnya, Mendikbudristek optimistis seluruh kebijakan Merdeka Belajar akan memberikan dampak positif pada guru. Juga, mendorong transisi sistem pendidikan Indonesia menjadi lebih tangguh dan relevan dengan kemajuan zaman.

"Saya yakin guru PGRI adalah guru teladan, para pguru penggerak yang selalu berada di garda terdepan untuk mewujudkan Merdeka Belajar di sekolah dan lingkungan," tutup dia.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Merdeka Belajar PGRI Guru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :