Rabu, 15/05/2024 21:58 WIB

Jerman akan Kirimkan Howitzer Self-Propelled ke Ukraina

Jerman membalikkan kebijakan lama untuk tidak mengirim senjata berat ke zona perang pekan lalu menyusul tekanan di dalam dan luar negeri untuk membantu Ukraina menangkis serangan Rusia.

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht, Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad dan Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren berpose di depan peluncur patriot pangkalan udara Sliac di Slovakia, 6 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Sabine Siebold)

JAKARTA, Jurnas.com - Jerman akan mengirimkan tujuh howitzer self-propelled ke Ukraina, di atas lima sistem artileri yang telah dijanjikan pemerintah Belanda. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht pada Jumat (6/5).

Jerman membalikkan kebijakan lama untuk tidak mengirim senjata berat ke zona perang pekan lalu menyusul tekanan di dalam dan luar negeri untuk membantu Ukraina menangkis serangan Rusia.

Senjata-senjata berat itu akan keluar dari gudang Bundeswehr dan dikirim segera setelah mereka keluar dari perawatan selama beberapa minggu ke depan, Lambrecht dan kepala pertahanannya Jenderal Eberhard Zorn mengatakan kepada wartawan di kota Sliac, Slovakia.

Pelatihan kelompok pertama yang terdiri dari sekitar 20 tentara Ukraina di Panzerhaubitze 2000 diperkirakan akan dimulai minggu depan di kota Idar-Oberstein Jerman, kata Zorn, seraya menambahkan bahwa pasukan ini memiliki pengalaman dalam mengoperasikan howitzer buatan Soviet.

Permintaan Ukraina untuk senjata berat telah meningkat sejak Moskow mengalihkan senjata terberatnya ke timur dan selatan negara itu, setelah gagal merebut ibu kota Kyiv.

Berlin juga akan memasok paket amunisi pertama untuk howitzer yang dibuat oleh perusahaan pertahanan Jerman KMW, kata Zorn, dengan pembelian amunisi selanjutnya akan ditangani langsung antara Kyiv dan perusahaan tersebut.

Panzerhaubitze 2000 adalah salah satu senjata artileri paling kuat dalam inventaris Bundeswehr dan dapat mencapai target pada jarak 40km.

Tentara Jerman memiliki sekitar 100 howitzer 2000-an, tetapi hanya 40 yang siap tempur.

Pekan lalu, Berlin setuju untuk pertama kalinya memasok Kyiv dengan senjata berat, dalam hal ini tank pertahanan udara Gepard, setelah para kritikus menuduh Jerman menyeret pengiriman senjata berat ke Kyiv.

Sebagian besar senjata berat yang telah dikirim negara-negara NATO ke Ukraina sejauh ini adalah senjata buatan Soviet yang masih dalam persediaan negara-negara anggota NATO Eropa timur, tetapi Amerika Serikat dan beberapa sekutu lainnya mulai memasok Kyiv dengan howitzer Barat.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis. Ukraina dan Barat mengatakan tuduhan fasis tidak berdasar dan bahwa perang adalah tindakan agresi yang tidak beralasan.

Lambrecht akan bertemu timpalannya dari Belanda Kajsa Ollongren nanti di Sliac di mana kedua negara telah mengerahkan pertahanan udara Patriot sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Sumber: CNA

KEYWORD :

Invasi Rusia ke Ukraina Jerman Howitzer Self-Propelled Amerika Serikat NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :