Jum'at, 26/04/2024 09:32 WIB

AS Tambah Bantuan Militer Ukraina Senilai Rp 11,4 Triliun

Bantuan tambahan militer ini memperluas cakupan sistem yang disediakan untuk memasukkan artileri berat menjelang serangan Rusia yang lebih luas yang diperkirakan akan terjadi di Ukraina timur.

Seorang anggota layanan Ukraina memegang sistem rudal Javelin pada posisi di garis depan di wilayah utara Kyiv, Ukraina 13 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Gleb Garanich)

WASHINGTON, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengumumkan bantuan militer tambahan senilai US$800 juta atau sekitar Rp 11,4 triliun ke Ukraina pada Rabu (13/5) waktu setempat.

Bantuan tambahan militer ini memperluas cakupan sistem yang disediakan untuk memasukkan artileri berat menjelang serangan Rusia yang lebih luas yang diperkirakan akan terjadi di Ukraina timur.

"Kita tidak bisa beristirahat sekarang. Seperti yang saya yakinkan kepada Presiden Volodymyr Zelenskyy, rakyat Amerika akan terus berdiri bersama rakyat Ukraina yang berani dalam perjuangan mereka untuk kebebasan," kata Biden dalam sebuah pernyataan tertulis.

Dengan demikian, total bantuan militer sejak pasukan Rusia menginvasi pada Februari menjadi lebih dari US$2,5 miliar, termasuk sistem artileri, peluru artileri, pengangkut personel lapis baja dan kapal pertahanan pantai tak berawak.

Di samping itu, Biden juga telah menyetujui transfer helikopter tambahan, dengan mengatakan peralatan yang diberikan ke Ukraina "sangat penting" saat menghadapi invasi.

Paket baru termasuk 11 helikopter Mi-17 yang telah dialokasikan untuk Afghanistan sebelum pemerintah yang didukung AS runtuh tahun lalu. Ini juga mencakup 18 howitzer 155mm, bersama dengan 40.000 peluru artileri, radar kontra-artileri, 200 pengangkut personel lapis baja dan 300 drone "Switchblade" tambahan.

Ini adalah pertama kalinya howitzer diberikan ke Ukraina oleh Negeri Paman Sam.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan beberapa sistem, seperti howitzer dan radar, akan membutuhkan pelatihan tambahan untuk pasukan Ukraina yang tidak terbiasa menggunakan peralatan militer Amerika.

"Kami mengetahui jam dan kami tahu waktu bukan teman kami," kata Kirby ketika ditanya tentang kecepatan pengiriman.

Senjata Lebih Besar dan Lebih Kuat

Bantuan baru - pertama kali dilaporkan oleh Reuters pada hari Selasa - akan didanai menggunakan Otoritas Penarikan Presiden (PDA), di mana presiden dapat mengizinkan transfer barang dan layanan dari saham AS tanpa persetujuan kongres dalam menanggapi keadaan darurat.

John Spencer, pensiunan mayor Angkatan Darat AS dan ahli perang kota di Forum Kebijakan Madison, mengatakan senang melihat bahwa AS mengirimkan peluru artileri dan artileri.

"Anda membutuhkan senjata yang lebih besar dan lebih kuat ini ... untuk menyamai apa yang dibawa Rusia untuk mencoba merebut Ukraina timur," kata Spencer.

Ketika berita tentang bantuan keamanan terbaru keluar, para eksekutif dari pembuat senjata AS bertemu dengan pejabat Pentagon untuk membahas tantangan industri jika terjadi konflik Ukraina yang berkepanjangan.

Mereka termasuk eksekutif dari BAE Systems Plc, General Dynamics Corp, Lockheed Martin Corp, Huntington Ingalls Industries, L3Harris Technologies, Boeing Co, Raytheon Technologies Corp dan Northrop Grumman Corp.

Zelenskyy telah memohon kepada para pemimpin AS dan Eropa untuk menyediakan senjata dan peralatan yang lebih berat. Ribuan orang telah tewas dan jutaan mengungsi dalam invasi selama tujuh minggu.

Rusia tidak dapat mencapai sebagian besar tujuan militernya karena Ukraina telah melakukan perlawanan yang lebih sengit dari yang diperkirakan.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" untuk menghancurkan kemampuan militer Ukraina dan menangkap apa yang dilihatnya sebagai nasionalis berbahaya, tetapi Ukraina dan Barat mengatakan Rusia memulai perang agresi yang tidak beralasan.

Pada hari Rabu, Rusia mengatakan telah menguasai pelabuhan Mariupol di tenggara Ukraina dan lebih dari 1.000 marinir Ukraina telah menyerah.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Invasi Rusia ke Ukraina Bantuan Militer Amerika Serikat Joe Biden Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :