Sabtu, 27/04/2024 01:41 WIB

Rusia Cabut Izin Amnesty dan Human Rights Watch

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan kejahatan perang oleh Ukraina dan negara-negara Barat selama invasi selama 6 minggu ke Ukraina dan menyangkal menargetkan warga sipil.

Seorang aktivis dari Amnesty International memegang tanda selama protes di luar Kedutaan Besar Rusia sebagai bagian dari Hari Aksi Global untuk Ukraina, menyusul invasi Rusia di Mexico City, Meksiko, 24 Maret 2022. REUTERS/Edgard Garrido

Moskow, Jurnas.com - Kementerian Kehakiman Rusia mengatakan, pihaknya telah mencabut 15 organisasi dari daftar internasional dan LSM asing Rusia, termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch (HRW).

"Unit organisasi Rusia, yang juga termasuk Carnegie Endowment for International Peace, juga ditutup karena ditemukannya pelanggaran undang-undang Federasi Rusia saat ini," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Keputusan itu, yang tidak memberikan rincian pelanggaran apa pun, diumumkan beberapa hari setelah HRW yang berbasis di New York mengatakan telah menemukan "beberapa kasus pasukan militer Rusia melakukan pelanggaran hukum perang" di Ukraina.

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan kejahatan perang oleh Ukraina dan negara-negara Barat selama invasi selama 6 minggu ke Ukraina dan menyangkal menargetkan warga sipil.

"Ada sedikit keraguan bahwa langkah itu sebagai tanggapan atas laporan kami tentang perang di Ukraina," kata HRW.

"Pemerintah Rusia telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa tidak ada gunanya fakta apa pun mengenai perlindungan warga sipil di Ukraina. Ini hanya satu bukti kecil lebih lanjut dari itu," katanya di Twitter.

Rusia mengatakan sedang melakukan "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Pemerintah Kyiv dan sekutu Baratnya menolak itu sebagai dalih palsu untuk invasi yang tidak dapat dibenarkan.

Organisasi lain yang pendaftarannya dicabut pada hari Jumat termasuk cabang Yayasan Rosa Luxemburg, Yayasan Aga Khan dan Institut Pendidikan Internasional.

Sembilan organisasi Jerman termasuk serta tiga dari Amerika Serikat, satu dari Inggris, satu dari Polandia dan satu dari Swiss.

KEYWORD :

Amnesty Rusia Human Rights Watch




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :