Jum'at, 26/04/2024 12:18 WIB

Ini Dampak Membaikanya hubungan Israel dan Turki

Dengan hubungan Turki dengan Israel secara efektif terputus selama lebih dari satu dekade, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah membina hubungan dekat dengan Hamas, yang mengambil alih kekuasaan di Jalur Gaza pada 2007.

Seorang anak lelaki Palestina duduk di kursi dengan bendera kebangsaannya menyaksikan pihak berwenang Israel menghancurkan bangunan sekolah di desa Yatta, selatan kota Hebron, Tepi Barat. (Foto/ AFP). (Foto/ AFP)

GAZA CITY, Jurnas.com - Pencairan diplomatik antara Israel dan Turki menciptakan tantangan bagi kelompok Hamas, yang mengandalkan dukungan Ankara, tetapi juga dapat menawarkan perantara yang lebih dapat dipercaya untuk berurusan dengan negara Yahudi itu.

Dengan hubungan Turki dengan Israel secara efektif terputus selama lebih dari satu dekade, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah membina hubungan dekat dengan Hamas, yang mengambil alih kekuasaan di Jalur Gaza pada 2007.

Selain memberikan dukungan keuangan dan logistik kepada kelompok tersebut, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh sebagian besar Barat, Turki juga merupakan rumah bagi pejabat senior Hamas, termasuk Salah al-Aruri, yang telah lama menjadi penduduk Istanbul.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan mantan ketua Khaled Meshal sering mengunjungi Turki.

Erdogan adalah pendukung vokal perjuangan Palestina dan pengkritik keras Israel - tetapi dia mengubah strategi regional awal tahun ini dengan memulai penjangkauan ke Israel.

Hubungan antara kedua negara telah runtuh pada tahun 2010 setelah kematian 10 warga sipil dalam serangan Israel di kapal Mavi Marmara Turki, bagian dari armada yang mencoba menembus blokade untuk membawa bantuan ke Gaza.

Namun Erdogan mengambil langkah menuju rekonsiliasi dengan menelepon Presiden Israel Isaac Herzog setelah pelantikannya pada Juli.

Ia kemudian menjamu Herzog di Ankara pekan lalu, perjalanan pertama seorang kepala negara Israel ke Turki sejak 2007, dalam kunjungan yang dipuji keduanya sebagai titik balik dalam hubungan bilateral.

Para ahli mengatakan, langkah Erdogan menuju Israel tidak ada hubungannya dengan urusan Palestina, dan pemimpin Turki itu kemungkinan dimotivasi keinginan untuk menopang ekonominya yang sedang berjuang melalui peningkatan hubungan dengan kekuatan ekonomi utama regional.

Tetapi Hamas akan merasakan efek dari pemulihan hubungan tersebut, kata Mokhaimer Abu Sa`ada, seorang ilmuwan politik di Universitas Al-Azhar di Gaza. "Hamas prihatin," katanya kepada AFP.

"Israel diperkirakan akan meningkatkan tekanan pada pihak berwenang Turki. Saya berharap para pemimpin Hamas akan pergi, mungkin ke Beirut atau Iran, karena Istanbul tidak lagi menyambut," sambungnya.

Sumber yang terlibat dalam pembicaraan bilateral Erdogan-Herzog, yang meminta anonimitas, mengatakan presiden membahas kehadiran para pemimpin Hamas di Turki, keluhan lama Israel.

Hamas mengeluarkan kecaman atas keputusan Turki untuk menyambut "presiden pendudukan Zionis", tetapi tidak menyebut Turki atau Erdogan secara langsung, sebuah langkah yang dilihat para ahli sebagai upaya untuk menjaga hubungan penting dengan Ankara.

Seorang tokoh senior Hamas mengatakan kepada AFP bahwa kelompoknya tidak ikut campur dalam politik internal negara mana pun dan ingin "memelihara hubungan yang baik dan seimbang dengan semua negara Arab dan Muslim, dan khususnya dengan Turki".

"Hamas tidak akan mengorbankan hubungannya dengan Turki atas penjangkauan Israel," kata Naji Shourab, juga seorang ilmuwan politik di Universitas Al-Azhar.

Dia mencatat bahkan mungkin ada sisi positif bagi Hamas di Erdogan memperbaiki hubungan dengan Israel. Hamas tidak berbicara dengan Israel secara langsung, tetapi membutuhkan lawan bicara untuk berurusan dengan negara Yahudi.

Mesir telah memainkan peran itu dalam beberapa tahun terakhir, terutama merundingkan gencatan senjata antara kedua pihak untuk mengakhiri konflik 11 hari Mei lalu.

Tapi hubungan Hamas dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dirusak oleh ketidakpercayaan terus-menerus. Sisi menggulingkan mendiang presiden Islamis Mesir dan sekutu Hamas Mohamed Morsi pada 2013.

"Turki adalah saluran yang lebih efektif dan dapat dipercaya untuk menekan Israel daripada Mesir," kata Shourab.

KEYWORD :

Israel Turki Palestina Hubungan Diplomatik Hamas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :