Kamis, 02/05/2024 18:16 WIB

Tiga Hari Terjebak di Sumur, Bocah Ini Akhirnya Meninggal

Haidar, bocah laki-laki yang terperangkap selama tiga hari di sebuah sumur di Afghanistan, akhirnya meninggal dunia pada Jumat (18/2).

Proses evakuasi Haidar, bocah Afghanistan (Foto: Aljazeera)

Kabul, Jurnas.com - Haidar, bocah laki-laki yang terperangkap selama tiga hari di sebuah sumur di Afghanistan, akhirnya meninggal dunia pada Jumat (18/2).

Haidar tergelincir ke dasar sumur di Shokak, sebuah desa yang dilanda kekeringan di provinsi Zabul, sekitar 400 kilometer (250 mil) barat daya ibu kota, Kabul.

Tim penyelamat bekerja tanpa henti untuk menyelamatkan bocah itu, yang diyakini berusia lima tahun, termasuk dengan menggali parit celah terbuka dari sudut di permukaan untuk mencoba mencapai titik di mana dia terjebak.

Para pejabat pada Jumat pagi mengatakan Haidar masih hidup, tetapi mereka kemudian mengumumkan dia telah meninggal.

"Dengan sangat sedih, Haidar muda dipisahkan dari kami selamanya," kata Anas Haqqani, penasihat senior di Kementerian Dalam Negeri dikutip dari Aljazeera.

Sebelum pengumuman kematian bocah itu, juru bicara polisi Zabul Zabiullah Jawhar mengatakan, "Tim penyelamat telah menghadapi rintangan baru dan sebuah batu menghalangi mereka untuk menggali lebih banyak. Kami khawatir debu bisa jatuh pada bocah itu, dan mungkin kami akan kehilangan dia, jadi kami bekerja dengan hati-hati."

Kakek Haidar, Haji Abdul Hadi, menerangkan bahwa Haidar jatuh dari sumur ketika dia mencoba untuk "membantu" orang dewasa menggali lubang bor baru di desa yang kering itu.

Para pejabat mengatakan anak laki-laki itu tergelincir ke dasar lubang setinggi 25 meter (80 kaki), tetapi ditarik dengan tali sekitar 10 meter sebelum terjebak.

Pejabat senior dari pemerintahan baru Taliban sedang mengawasi operasi penyelamatan di Shokak, dan disaksikan oleh ratusan penduduk desa yang penasaran.

KEYWORD :

Haidar Bocah Afghanistan Terjebak di Sumur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :