Sabtu, 27/04/2024 10:54 WIB

Kemenag Desak Anak Kiai Jombang Menyerahkan Diri

Kementerian Agama (Kemenag) mendesak anak pengasuh Pondok Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah Jombang, M. Subchi Azal Tsani menyerahkan diri ke polisi, pasca tersangkut skandal kasus pelecehan seksual.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Agama (Kemenag) mendesak anak pengasuh Pondok Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah Jombang, M. Subchi Azal Tsani menyerahkan diri ke polisi, pasca tersangkut skandal kasus pelecehan seksual.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur menjelaskan, kasus itu saat ini sudah berstatus P-21, pasca bukti-bukti dinyatakan lengkap.

"Kami mendorong agar pelaku menyerahkan diri. Karena bagaimanapun tidak ada previllege. Setiap orang di republik ini di mata hukum sama," tegas Waryono kepada awak media pada Kamis (3/2).

Kemenag, lanjut Waryono, juga menemukan bahwa terdapat masalah pemahaman keagamaan di pondok pesantren yang diasuh oleh ayah Subchi, dalam hal memandang perempuan atau lawan jenis.

"Kemudian memang korban tidak bisa atau tidak memiliki daya tawar. Ini beruntung ada laporan. Kami sudah mendorong polisi melakukan langkah yang proporsional," ujar Waryono.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani memastikan bahwa pemerintah tengah menyusun regulasi sebagai mitigasi kekerasan seksual di lingkungan pondok pesantren.

Menurut dia, kekerasan seksual yang selama ini umumnya terjadi di lembaga pendidikan keagamaan, disebabkan adanya ruang gelap yang luput dari pengawasan orang tua maupun masyarakat.

"Yang saya maksud ruang gelap ialah apabila sebuah lembaga pendidikan menutup diri dari monitoring stakeholder. Kita berharap agar setiap orang tua yang menitipkan anaknya jadi santri, punya akses yang kuat. Ada memang beberapa lembaga pendidikan yang tidak boleh orang tua menyambangi, ini tidak boleh terjadi," kata Ramdhani.

"Lembaga pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk orang tua memantau. Orang tua juga berhak untuk melakukan sambangan setiap saat," sambung dia.

 

KEYWORD :

Kementerian Agama Kekerasan Seksual Kiai Jombang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :