Sabtu, 11/05/2024 04:27 WIB

Gagasan Gus Yahya Berpotensi Merenggangkan Hubungan PBNU dan PCNU

Banyak contoh bisa kita jadikan pelajaran. Organisasi yang perjalannya berburu kerjasama dengan pihak di luar organisasi, kepengurusannya akan diwarnai konflik.

KH. Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Ketua PBNU di masa kepemimpinan KH. Hasyim Muzadi, Andi Jamaro Dulung, mengkritik gagasan yang diusung KH. Yahya Cholil Staquf dalam pencalonannya di Muktamar NU ke -34. Pria yang juga tercatat sebagai politisi PKB itu menilai, gagasan Gus Yahya, sapaan akrab KH. Yahya Cholil Staquf, tidak mencerminkan sebuah organisasi yang sehat.

Sebagaimana diketahui dalam wawancaranya dengan TVNU terkait gagasan kandidat Ketua Umum PBNU, Gus Yahya berencana menjadikan PBNU sebagai induk yang bertugas mencarikan program kerja yang eksekusi pelaksanaannya ada di tingkat cabang.

Langkah ini disebutkan untuk menjadikan komunikasi antara PB dan PC berjalan baik, karena ada kepentingan kontrol pelaksanaan program.

"Itu bukan cara yang tepat, karena organisasi yang sehat bukanlah yang selalu menyuapi cabangnya," kata Andi di Jakarta, Minggu (19/12).

Wakil Ketua Umum IKA PMII ini juga mengatakan, sebuah organisasi yang sehat tergambar dari kemampuan induknya mendorong cabang atau perwakilan di tingkatan lainnya bersikap mandiri. Ia menyadari koneksi untuk adanya program memang ada di pusat, namun bukan berarti sekaligus mengeksekusinya dalam ikatan kerjasama.

"Membuka jalan oke, tapi tidak untuk langsung mengikat," tandanya.

Dalam kritik yang disampaikannya Andi menilai gagasan Gus Yahya rawan menjadikan kepengurusan PBNU yang dipimpinnya sarat konflik. Alasannya, struktur kepengurusan dibangun di atas pondasi yang mengusung kepentingan memperoleh program kerja dari kerjasama dengan pihak-pihak di luar NU.

"Banyak contoh bisa kita jadikan pelajaran. Organisasi yang perjalannya berburu kerjasama dengan pihak di luar organisasi, kepengurusannya akan diwarnai konflik," ingat Andi.

Masih terkait potensi konflik, Andi juga menyebut rawan muncul karena adanya perpecahan dan perasaan saling iri di antara kepengurusan cabang. Ini lantaran membagikan program secara adil untuk 500 lebih cabang se-Indonesia jelas  bukan pekerjaan mudah. Terlebih jika dikaitkan dengan gagasan lain Gus Yahya yang berencana banyak menampung Gus-gus dari pesantren di dalam kepengurusannya.

"Sementara Gus-gus pasti juga ingin membesarkan pesantrennya. Jadi dengan gagasan Gus Yahya itu kita justeru khawatir menjadikan hubungan PB dan PC renggang," pungkas Andi.

KEYWORD :

PBNU Yahya Cholil Staquf Gus Yahya Muktamar NU




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :