Jum'at, 26/04/2024 14:10 WIB

Bappenas Fokus Perbaikan Gizi Milenial untuk Tekan Stunting

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko mengatakan, generasi milenial dan generasi Z dengan status gizi yang baik, memiliki potensi menjadi SDM unggul dan berdaya saing di masa depan.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko mengatakan, generasi milenial dan generasi Z dengan status gizi yang baik, memiliki potensi menjadi SDM unggul dan berdaya saing di masa depan.

Hal Ini disampaikan dalam seminar menyambut Sumpah Pemuda bertajuk `Milenial dan Generasi Z Sadar Gizi` di Bali pada Rabu (27/10) secara hybrid.

"Perbaikan gizi remaja melalui intervensi gizi spesifik dan sensitif menjadi salah satu fokus sasaran program percepatan penurunan stunting," ujar Subandi.

Dia melanjutkan, dalam konteks upaya perbaikan gizi nasional, nilai-nilai positif Sumpah Pemuda sudah seharusnya menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terlibat pada upaya Presiden Joko Widodo mencetak SDM unggul.

Senada dengan Subandi, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa keluarga muda yang berkualitas menjadi kunci terwujudnya Indonesia Emas.

"Upaya untuk memetik bonus demografi sangat ditentukan generasi muda. Missed bonus demografi harus dicegah, salah satunya dengan mencegah stunting," ujar Hasto.

Seminar daring dan luring yang digelar Bappenas diisi dengan tiga diskusi panel yang membahas berbagai program perbaikan gizi untuk pemuda, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun inisiatif aktor non pemerintah.

Tiga poin penting yang dihasilkan dari sesi diskusi dalam membangun milenial dan generasi Z yang sadar gizi antara lain: pentingnya komunikasi perubahan perilaku dan penyusunan pesan kunci yang sesuai dengan karakteristik pemuda; program yang berorientasi pada peningkatan rasa kepemilikan serta dukungan teman sebaya; dan diperlukan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, untuk memastikan kegiatan gizi remaja dapat dilakukan secara terintegrasi dan diterapkan dalam skala besar.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting tahun 2021. Tahun ini, SUN Annual Meeting mengangkat tema `Satu Dekade Melangkah Bersama`, merujuk pada momentum sepuluh tahun Indonesia bergabung dengan gerakan global Scaling Up Nutrition. Rencananya, puncak acara SUN Annual Meeting akan digelar pada akhir November 2021 mendatang.

KEYWORD :

Sumpah Pemuda Perbaikan Gizi Generasi Milenial Bappenas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :