Sabtu, 27/04/2024 10:42 WIB

Varian Delta Selandia Baru Menyebar di Luar Auckland

Selandia Baru telah menangguhkan pengaturan perjalanan bebas karantina dengan Australia. (Foto: AFP/SAEED KHAN)

Wellington, Jurnas.com - Wabah varian Delta Selandia Baru menyebar ke luar kota terbesar Auckland. Hal itu mendorong Perdana Menteri Jacinda Ardern untuk menempatkan wilayah tambahan ke dalam penguncian cepat.

Ada 32 kasus virus corona baru pada Minggu (3/10) di Auckland, yang telah dikunci sejak pertengahan Agustus, dan dua kasus di wilayah Waikato, sekitar 147 km selatan Auckland. Ardern mengatakan sebagian wilayah akan dikunci selama lima hari.

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan memutuskan pada hari Senin apakah 1,7 juta penduduk Auckland akan tetap tertutup dari sisa Selandia Baru.

Ardern memberlakukan apa yang dimaksudkan sebagai penguncian nasional "pendek dan tajam" pada pertengahan Agustus sebagai tanggapan terhadap wabah Auckland, yang sekarang mencapai 1.328 kasus.

Tetapi sementara sebagian besar negara telah kembali ke kehidupan normal, kota Pulau Utara tetap terkunci. "Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menjaga kasus tetap terbatas di Auckland, dan mengelolanya di sana," kata Ardern.

Sementara Selandia Baru termasuk di antara segelintir negara yang menurunkan kasus COVID-19 menjadi nol tahun lalu dan sebagian besar tetap bebas virus hingga wabah terbaru pada Agustus, kesulitan dalam menghentikan varian Delta telah membuat strategi eliminasi Ardern dipertanyakan.

Di tengah tekanan yang meningkat, Ardern mengatakan strateginya tidak pernah memiliki nol kasus, tetapi untuk secara agresif membasmi virus.

Dia mengatakan penguncian ketat dapat berakhir jika 90 persen dari populasi yang memenuhi syarat divaksinasi sepenuhnya, kontras dengan 46 persen saat ini.

Vaksinasi penuh akan menjadi persyaratan bagi warga negara non-Selandia Baru yang tiba di negara itu mulai 1 November, Menteri Tanggap COVID-19 Chris Hipkins mengatakan pada hari Minggu.

Air New Zealand mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan mengharuskan penumpang dalam penerbangan internasionalnya untuk divaksinasi sepenuhnya terhadap COVID-19.

"Kami memiliki pendekatan berbeda terhadap COVID dalam pandangan kami, dan di tangan kami,” kata Ardern pada Minggu (3/10).

"Jadi saat kita semua melihat ke depan dan berpikir tentang musim panas, dan rencana yang kita buat, buat langkah pertama vaksin. Ini adalah hal yang akan memungkinkan rencana musim panas itu," sambungnya. (Reuters)

KEYWORD :

Varian Delta Selandia Baru Jacinda Ardern




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :