Rabu, 24/04/2024 20:42 WIB

Ribuan Hilang Seminggu setelah Topan Gabrielle Hantam Selandia Baru

Topan itu menghantam bagian utara pulau itu pada 12 Februari dan menyusuri pantai timur, menimbulkan kerusakan yang meluas.

Jalan rusak, penerbangan dan layanan kereta api dibatalkan saat Topan Gabrielle melanda Selandia Baru, dengan wilayah Auckland yang paling parah terkena dampaknya (Diego Opatowski/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Sedikitnya 11 orang tewas dan ribuan lainnya hilang di Selandia Baru setelah Topan Gabrielle menghantam Pulau Utara pekan lalu.

Topan itu menghantam bagian utara pulau itu pada 12 Februari dan menyusuri pantai timur, menimbulkan kerusakan yang meluas. Perdana Menteri  Selandia Baru, Chris Hipkins menyebut Gabrielle sebagai bencana alam terbesar Selandia Baru abad ini.

Pada Minggu (19/2), polisi melaporkan dua lagi kematian terkait topan di Teluk Hawke yang terpukul parah. "Lebih banyak kematian mungkin terjadi," kata Hipkins kepada wartawan di ibu kota Wellington karena lebih dari 6.400 orang hilang.

"Kehidupan telah dijungkirbalikkan oleh bencana dan pemulihan adalah gunung terjal di depan," kata dia merujuk pada gangguan telekomunikasi, kekurangan air bersih dan jalan rusak yang masih membatasi akses ke beberapa daerah.

Hipkins mengatakan, rantai pasokan telah terganggu dan menyebabkan masalah pemindahan barang. Selain itu, banyak tanaman yang telahhancur dan 28.000 rumah masih tanpa listrik.

Pekan lalu, dia memperingatkan bahwa pemulihan akan memakan waktu dengan kekuatan yang diperkirakan tidak akan dipulihkan ke beberapa area selama berminggu-minggu dan pembersihan kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dari itu.

Setelah awalnya mengesampingkan tawaran bantuan dari Amerika Serikat (AS) dan negara lain, Hipkins mengatakan Selandia Baru kini menerimanya.

Pada hari Selasa, Selandia Baru mengumumkan keadaan darurat nasional untuk ketiga kalinya dalam sejarahnya.

Sebuah tim dari Fiji akan berangkat ke Selandia Baru dalam beberapa hari mendatang untuk membantu pemulihannya, salah satu dari 12 tawaran bantuan internasional yang diterima sejauh ini, kata Hipkins. Dua puluh tujuh pekerja darurat dari Australia membantu upaya bantuan.

Tim dari Dewan Auckland melakukan penilaian bangunan cepat pada rumah yang rusak pada hari Minggu di daerah pesisir Muriwai dan Piha, sekitar 60 km (40 mil) barat kota terbesar di negara itu, Auckland.

Otoritas darurat dan militer telah mengirimkan pasokan penting dari helikopter ke masyarakat yang terdampar sejak topan, yang menghanyutkan pertanian, jembatan dan ternak serta menggenangi rumah.

Polisi telah mengirim 100 petugas tambahan ke Hawke`s Bay dan Tairawhiti di dekatnya, termasuk ke daerah-daerah terpencil, setelah laporan penjarahan.

SUMBER: AL JAZEERA

KEYWORD :

Selandia Baru Bencan Alam Topan Gabrielle Chris Hipkins




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :