Jum'at, 26/04/2024 14:30 WIB

Scott Morrison Janjikan Kebebasan Lebih Banyak Bagi Warga Australia yang Sudah Divaksin

Pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa wabah Delta saat ini kemungkinan akan membebani sistem perawatan kesehatan ketika negara bagian melanjutkan rencana untuk mencabut penguncian di Sydney, Melbourne, Canberra dan beberapa daerah regional.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison (Foto: Phil Noble/Reuters)

Sydney, Jurnas.com - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menjanjikan lebih banyak kebebasan bagi warga yang divaksinasi, bahkan ketika negara bagian terbesar kedua di negara itu melaporkan kenaikan harian tertinggi kedua dalam infeksi COVID-19 baru tahun ini.

Morrison mengatakan, para pemimpin federal dan negara bagian akan membahas paspor vaksin dan memperluas karantina rumah ketika mereka bertemu untuk Kabinet nasional pada Jumat.

"Anda akan melihat orang yang divaksinasi dapat bergerak dan melakukan lebih banyak hal," kata Morrison kepada stasiun radio 3AW, dikutip dari Reuters, Jumat (17/9).

"Mereka cenderung tidak terkena virus, menularkan virus, mendapatkan penyakit serius dan berakhir di rumah sakit," katanya. "Jadi, itu tidak akan memberi tekanan pada sistem rumah sakit umum," sambungnya.

Pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa wabah Delta saat ini kemungkinan akan membebani sistem perawatan kesehatan ketika negara bagian melanjutkan rencana untuk mencabut penguncian di Sydney, Melbourne, Canberra dan beberapa daerah regional.

Victoria pada hari Jumat melaporkan 510 kasus baru, mayoritas di ibu kota negara bagian Melbourne, dan satu kematian baru. Negara bagian tersebut melaporkan 514 kasus baru pada hari Kamis, tertinggi dalam wabah saat ini.

Morrison telah menganjurkan pembukaan kembali negara itu sejalan dengan meningkatnya tingkat vaksinasi. Dia mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa 70,6 persen dari populasi di atas usia 16 telah menerima dosis pertama.

Di bawah rencana pembukaan kembali nasional pemerintah federal, negara bagian dan teritori telah didesak untuk secara bertahap melonggarkan pembatasan ketat, termasuk kontrol perbatasan, setelah 70 persen hingga 80 persen populasi orang dewasa di negara itu divaksinasi sepenuhnya. Tidak semua pemimpin negara bagian dan teritori setuju dengan rencana pembukaan kembali.

Morrison mengatakan Kabinet nasional akan mempertimbangkan kapan harus mulai mengurangi karantina hotel demi karantina rumah bagi para pelancong yang tiba di Australia.

New South Wales dan Victoria sedang menguji perangkat lunak pengenalan wajah yang memungkinkan polisi memeriksa orang-orang di rumah selama karantina COVID-19, memperluas uji coba kontroversial yang telah dikritik oleh para aktivis privasi.

Bahkan dengan wabah Delta yang bergerak cepat, Australia sebagian besar telah menghindari angka tinggi yang terlihat di banyak negara yang sebanding, dengan sekitar 82.000 kasus dan 1.141 kematian, melalui penguncian cepat dan karantina hotel untuk pelancong internasional.

KEYWORD :

Scott Morrison Warga Australia Varian Delta Pandemi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :