Sabtu, 27/04/2024 11:50 WIB

FIFA BALLON dOR 2016

Ronaldo dan Messi, Apakah Mereka akan Tersingkir?

Meski begitu, ada banyak pemain talenta muda yang muncul belakangan dengan beberapa prestasi dan potensi untuk menjegal keduanya.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo./foto:youtube

Paris - Dua pesepakbola terbaik sejagat saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dikabarkan akan tetap bersaing ketat dalam memperebutkan penghargaan FIFA Ballon d`Or 2016. Keduanya, dalam rilis FIFA, masuk daftar kandidat 30 pemain terbaik untuk menerima Ballon d`Or 2016 yang diumumkan pada Senin, (24/10).

Pemain penting Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memiliki kontribusi besar atas keberhasilan Portugal memenangi Piala Eropa 2016. Pemain bernomor punggung tujuh itu juga memiliki andil besar membawa si kuping besar Piala Champion musim lalu ke kandang Real Madrid di Bernabeu. Ronaldo masih menjadi favorit.

Sementara itu, Lionel Messi, yang banyak menerima penghargaan FIFA kelima kali pada tahun lalu, juga banyak difavoritkan untuk menerima penghargaan pemain terbaik ini untuk keenam kalinya. Meski gagal tampil cemerlang bersama timnas Argentina, namun pemain mungil Barcelona itu tetap dijagokan banyak pengamat sepak bola memenangi lagi tahun ini.

Meski begitu, ada banyak pemain talenta muda yang muncul belakangan dengan beberapa prestasi dan potensi untuk menjegal keduanya. Ada Neymar dan Luis Suarez, yang juga kompatriot Messi di klub asal katalan, Barcelona. Punggawa Real Madrid sendiri banyak mengisi daftar kandidat, seperti Gareth Bale, Toni Kroos, Luka Modric, Sergio Ramos, dan Pepe. Real Madrid adalah klub yang banyak menyetor nama-nama kandidat Ballon d`Or 2016.

Riyad Mahrez, gelandang sayap asal Aljazair yang merumput di Leicester City muncul dalam daftar kandidat. Bersama rekannya sesama klub, Jamie Vardy, mereka tampil memukau saat Leicester City menggondol gelar liga Inggris. Ada penyerang Borussia Dortmund asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang menjadi dua pemain di dalam daftar yang tidak berasal dari Eropa atau Amerika Selatan.

Daftar kandidat tersebut juga memuat nama-nama pemain muda yang moncer lainnya, semacam Antoine Griezmann, Hugo Lloris, Dimitri Payet, dan Paul Pogba, yang semuanya dari Perancis. Argentina, selain Messi, ada nama-nama seperti Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, dan Paulo Dybala. Perancis dan Argentina adalah negara penyumbang kandidat terbanyak, yaitu masing-masing empat pemain.

Sumber dari FIFA menyebut, dua nama seperti Messi dan Ronaldo masih menjadi calon favorit. Namun, jika keduanya memenangi pernghargaan lagi, maka potensi-potensi pemain muda seakan tidak terlihat, tertutup nama besar mereka. Dan, itu sebuah kerugian bagi dunia olahraga. Namun begitu, membicarakan sepakbola tak lepas dari nama Ronaldo dan Messi. Tapi bisa jadi keduanya tak muncul lagi dalam pengumuman pemenang.[]

KEYWORD :

jurnas pemain terbaik dunia cristiano ronaldo lionel messi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :