Sabtu, 27/04/2024 01:46 WIB

Mantan Presiden Prancis Kena Skandal Kasus Korupsi

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy diadili pada 23 November atas tuduhan korupsi dan pengaruh menjajakan skandal penyadapan telepon

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy diadili pada 23 November atas tuduhan korupsi dan pengaruh menjajakan skandal penyadapan telepon di Prancis

Proses hukum tersebut merupakan yang pertama bagi politisi berusia 65 tahun yang telah menghadapi beberapa penyelidikan yudisial lainnya sejak meninggalkan jabatan pada 2012.

Sarkozy dituduh mencoba mendapatkan informasi secara ilegal dari hakim tentang penyelidikan yang melibatkannya pada tahun 2014.

Dia diadili di pengadilan Paris bersama dengan pengacaranya Thierry Herzog, 65, dan hakim, Gilbert Azibert, 73.

Mereka menghadapi hukuman penjara hingga 10 tahun dan denda maksimum 1 juta euro ($ 1,2 juta). Namun Mereka menyangkal melakukan kesalahan. Audiensi dijadwalkan hingga 10 Desember.

Sarkozy dan Herzog dicurigai menjanjikan Azibert pekerjaan di Monaco dengan imbalan membocorkan informasi tentang penyelidikan dugaan pembiayaan ilegal kampanye presiden 2007 oleh wanita terkaya Prancis, pewaris L`Oreal Liliane Bettencourt.

Pada tahun 2014, Sarkozy dan Herzog menggunakan ponsel rahasia, terdaftar dengan nama alias "Paul Bismuth", untuk dapat melakukan pembicaraan pribadi karena mereka takut percakapan mereka disadap.

Sarkozy dan Herzog menjelaskan bahwa mereka membeli telepon untuk menghindari sasaran penyadapan telepon ilegal. Namun, hakim investigasi menduga mereka sebenarnya ingin menghindari penyadapan oleh penyidik.

Para hakim menemukan bahwa diskusi antara Sarkozy dan pengacaranya menunjukkan bahwa mereka mengetahui bahwa penyelidik yudisial pada saat itu menyadap percakapan mereka di telepon resmi mereka, mereka menyebutkan "hakim mendengarkan."

Sarkozy beralasan tidak pernah turun tangan untuk membantu Azibert, yang tidak pernah mendapatkan pekerjaan itu dan pensiun pada 2014.

Hakim investigasi menilai, begitu kesepakatan ditawarkan, itu merupakan tindak pidana meski janji belum dipenuhi. Proses hukum terhadap Sarkozy telah dibatalkan dalam kasus Bettencourt.

Sarkozy menunjuk pada pelecehan yudisial, menuduh hakim melanggar hak istimewa pengacara-klien melalui penyadapan.

“Saya tidak ingin hal-hal yang tidak saya lakukan ditahan terhadap saya. Orang Prancis perlu tahu ... bahwa saya bukan orang yang busuk, "katanya kepada penyiar berita BFM awal bulan ini.

Dia berkata bahwa dia menghadapi persidangan dalam suasana hati "agresif". Ini adalah pertama kalinya seorang mantan presiden menghadapi pengadilan karena korupsi di Prancis.

Pendahulu Sarkozy, Jacques Chirac, dinyatakan bersalah pada tahun 2011 atas penyalahgunaan uang publik, pelanggaran kepercayaan dan konflik kepentingan dan diberikan hukuman penjara dua tahun untuk tindakan selama waktunya sebagai walikota Paris, sebelum ia menjadi presiden dari 1995 hingga 2007 .

Nama Sarkozy sudah muncul bertahun-tahun dalam beberapa investigasi yudisial lainnya.

Tuduhan, termasuk pembiayaan ilegal dari kampanyenya tahun 2007 oleh diktator Libya saat itu Moammar Gadhafi, membayangi upaya comeback Sarkozy untuk pemilihan presiden 2017.

Setelah gagal terpilih sebagai calon oleh partai konservatifnya, ia menarik diri dari politik aktif.

Sarkozy tetap menjadi tokoh paling populer di kalangan pemilih sayap kanan Prancis dalam beberapa tahun terakhir. Memoarnya yang diterbitkan musim panas ini, "The Time of Storms," menjadi buku terlaris selama berminggu-minggu.

Sarkozy ditangani dakwaan awal termasuk "pembiayaan kampanye ilegal" dalam penyelidikan Libya, yang telah berlangsung sejak 2013, dan memicu penyadapan teleponnya.

Awal bulan ini, pengusaha Prancis-Lebanon Ziad Takieddine mencabut pernyataan sebelumnya bahwa ia mengirimkan koper-koper dari Libya berisi uang tunai senilai 5 juta euro ($ 5,9 juta) kepada Sarkozy dan mantan kepala stafnya, Claude Gueant.

Sebaliknya, dia mengatakan kepada penyiar berita BFM dan majalah Paris-Match bahwa "tidak ada pendanaan Libya."
Sarkozy mengatakan bahwa kebenaran "akhirnya terungkap."

Sementara itu, mantan presiden itu akan menjalani persidangan lagi pada musim semi 2021 bersama 13 orang lainnya atas tuduhan pembiayaan ilegal kampanye presiden 2012 miliknya.

Partai konservatifnya dan sebuah perusahaan bernama Bygmalion dituduh menggunakan sistem faktur khusus untuk menyembunyikan pengeluaran berlebihan yang tidak sah.

Mereka diduga telah menghabiskan 42,8 juta euro ($ 50,7 juta), hampir dua kali lipat jumlah maksimum yang diizinkan, untuk membiayai kampanye, yang berakhir dengan kemenangan saingan Sosialis Francois Hollande.

KEYWORD :

Mantan Presiden Pranci Nicolas Sarkozy Kasus Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :