Sabtu, 27/04/2024 11:03 WIB

Kim Jong Un Puji Kesigapan Tentara Bangun Daerah yang Dilanda Topan

Korea Utara dilanda fenomena meteorologi yang menghancurkan musim panas ini dengan hujan lebat dan topan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi daerah yang rusak akibat topan di Provinsi Hwanghae Selatan. ( KCNA via Reuters)

Pyongyang, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un memuji militernya atas upaya cepatny membangun kembali kota-kota yang dilanda topan dan banjir pada musim panas ini.

Media KCNA melaporkan pada Selasa (15/9), Kim Jong un mengunjungi provinsi Hwanghae Utara, selatan Pyongyang, menghilangkan semua jejak bencana alam dan berhasil dibangun kembali sebagai "negeri dongeng sosialis".

Kunjungan tersebut adalah yang terbaru Kim Jong un ke daerah-daerah yang dilanda topan di negara itu. Sebelumnya, ia mengeluarkan peringatan sebelum badai untuk mencegah kerusakan tanaman dan korban, kemudian mengirim anggota militer dan partai untuk membantu masyarakat.

"Tentara Rakyat terdiri dari pencipta semua keajaiban di tanah ini," ujar Kim Jong un memuji pasukannya.

"Kekuatan sejati Tentara Rakyat tidak terletak pada jumlah pasukan dan kekuatan amunisi, tetapi pada kecintaan mereka yang kuat pada negara mereka," sambungnya.

Korea Utara dilanda fenomena meteorologi yang menghancurkan musim panas ini dengan hujan lebat dan topan, membawa curah hujan tertinggi kedua dalam 25 tahun terakhir, badan cuaca mengatakan pada Senin dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh KCNA.

Korea Utara mencatat rata-rata 852,3 mm curah hujan musim panas di seluruh wilayah di negara itu, lebih dari tiga kali lipat tahun sebelumnya.

Sektor pertanian Korea Utara sangat rentan terhadap cuaca buruk, dan badai serta banjir musim panas ini telah menimbulkan kekhawatiran atas situasi pangan yang lemah di negara itu. (Reuters)

KEYWORD :

Kim Jong un Kota Kaesong Bencana Alam Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :