Jum'at, 26/04/2024 08:37 WIB

Kemenpora Keluarkan Protokol Kegiatan Keolahragaan Menuju Tatanan New Normal

Protokol kegiatan keolahragaan menuju tatanan new normal (normal baru) yang dikeluarkan oleh Kemenpora terdiri dari tiga kategori.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan protokol kegiatan keolahragaan menuju tatanan new normal (normal baru).

Menurut dia, protokol kegiatan keolahragaan menuju tatanan baru itu dibagi menjadi tiga kategori.

Kategori pertama yakni untuk kegiatan Pelatihan Nasional (Pelatnas), Pelatihan Daerah (Pelatda)/ Pelatprov, Pelatihan Kabupaten (Pelatkab) atau Pelatihan Kota (Pelatkot), latihan klub.

Kategori selanjutnya yakni kategori kegiatan Kejuaraan, Event, Kompetisi atau Turnamen dan terakhir yakni Kegiatan Olahraga Rekreasi atau Olahraga Masyarakat.

"Ketiga kategori itu sudah kami terbitkan dan semuanya harus dipatuhi oleh semua stakeholder olahraga di Indonesia. Sementara untuk bidang pendidikan jasmani, Kemenpora masih akan berkoordinasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengeluarkannya, karena sekarang ini masih belum ada kepastian waktu kapan sekolah sudah dimulai. Insyallah akan menyusul," kata Menpora saat menjadi Keynote Speaker di acara Seminar Nasional Olahraga Daring (SEMANGAD) Video Conference dengan tema `Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Penjas & Olahraga di Tengah Pandemi Covid-19`, Senin (15/06/2020).

Menteri Kelahiran Gorontalo ini juga menjelaskan bagaimana pelaksanaan Protokol Kegiatan Olahraga secara rinci sesuai dengan yang diterbitkan oleh Kemenpora.

Misalnya, untuk Kegiatan Olahraga Rekreasi atau Masyarakat yang sekarang ini sudah mulai marak dilakukan, salah satunya adalah Pusat Komunitas dan Pusat kebugaran yang dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, serta area bermain dapat dibuka dengan tingkat kehadiran maksimal 10 pengunjung pada satu waktu dan tempat tertentu dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Intinya pemerintah dalam hal ini Kemenpora sudah mengeluarkan protokol kegiatan keolahragaan yang berdasarkan protokol covid-19," katanya.

"Kuncinya agar semua ini berjalan dengan baik dan maksimal harus ada kedisiplinan semua masyrakat. Jika semua disiplin dalam menjalankanya, insyallah masa-masa sulit untuk olahraga di masa pandemi covid-19 berakhir," tambahnya.

KEYWORD :

Kemenpora Tatanan Normal Baru Protokol Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :